Sukses

Ivan Gunawan Bangun Masjid di Uganda, Berencana Rayakan Idulfitri di Sana

Ivan Gunawan mengatakan nuansa putih yang diterapkan pada masjid tersebut merupakan salah satu keinginannya.

Liputan6.com, Jakarta Ivan Gunawan bersyukur masjid yang dibangunnya di Uganda, Afrika, sudah selesai dan diresmikan. Ivan mengatakan, acara peresmian pun sempat dilakukan warga setempat dengan makan bersama.

Dalam waktu dekat, Ivan Gunawan mengaku akan melihat langsung kondisi masjid itu pada Ramadan nanti. Ia juga berencana merayakan Idulfitri di sana.

"Iya aku mau ke sana. Karena kalau diliat dari postingan masjid aku masih sepi. Jadi mau bawa kaligrafi dan perintilan lain, sama mau merayakan Idulfitri di sana, insyaAllah," kata Ivan Gunawan di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (1/2/2023).

Sahabat Bunda Corla ini mengatakan, nuansa putih yang diterapkan pada masjid tersebut merupakan salah satu keinginannya. Bahkan bisa dibilang, ini menjadi masjid satu-satunya masjid berwarna putih, mengingat kebanyakan majid di Uganda berwarna-warni.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masjid Putih

"Sebenarnya aku punya mimpi punya masjid warna putih. Ternyata di Uganda masjidnya warna warni. Jadi masjid putih di Uganda cuma Masjid Indonesia aja," ujarnya.

Lebih lanjut Ivan mengungkap alasan memilih membangun masjid di Uganda. Diakui Ivan, semua bermula dari postingan salah satu teman, yang memperlihatkan kondisi warga di Uganda yang sangat memprihatinkan.

3 dari 4 halaman

Di Bawah Ranting Pepohonan

"Aku orangnya spontan ya. Melihat posting-an teman namanya Hamzah, di sana susah air bersih dan enggak ada tempat ibadah. Saatnya di bawah ranting pepohonan. Jadi ya udah enggak ribet izin dan enggak susah akunya, jadi kebetulan mereka di sana, mereka amanah, jadi ya sudah memutuskan bangun masjid," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Ikhlas

Terkait besarnya biaya yang harus dikeluarkan, Ivan enggan mengungkapnya. Ivan mengaku tak pernah memikirkan biayanya, karena melakukan semua ini dengan ikhlas.

"Biayanya lillahitaala. Aku enggak pernah mikirin berapa biayanya. Kalau ada penambahan tinggal kirim. Namanya udah niat dan spontan, di sana utamanya percaya. Membangun sesuatu karena Allah dan dibantu sama orang yang amanah," ucap Ivan Gunawan. (M. Altaf Jauhar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.