Sukses

Alasan Ivan Gunawan Membangun Masjid di Uganda: Mereka Susah Tempat Ibadah, Salat di Bawah Ranting

Masjid Ivan Gunawan di Uganda, Afrika Timur, telah diresmikan.

Liputan6.com, Jakarta Masjid yang dibangun oleh Ivan Gunawan di Uganda, Afrika Timur telah selesai dibangun. Tempat ibadah bernama Masjid Indonesia by Ivan Gunawan tersebut diresmikan pada Kamis (1/2/2023).

Dari sekian banyak kota dan negara, mungkin sebagian orang bertanya-tanya, mengapa Ivan Gunawan menjatuhkan pilihan di Uganda, Afrika. dalm sebuah kesempatan wawancara, sahabat Ruben Onsu ini menjabarkan alasannya.

"Aku orangnya spontan, kemarin lihat postingan teman, Hamzah, dia lagi di Afrika, di sana susah air bersih. Ada postingan juga mereka susah tempat ibadah karena salatnya di bawah ranting, beralaskan rumput dan daun," kata Ivan Gunawan dikutip dari YouTube Intens Investigasi, Jumat (2/2/2023).

"Jadi ya sudah, karena enggak ribet soal izinnya, dan kebetulan mereka ada di sana dan menurut aku mereka sangat amanah," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memantau

Ivan Gunawan sangat bersyukur karena proses pembangunannya berjalan sangat lancar dan berhasil dirampungkan dalam waktu kurang dari satu tahun. Dengan memanfaatkan teknologi, Ivan rutin memantau pembangunan di sana.

"Alhamdulillah enggak ada kendala sama sekali dari awal sampai akhir, kita update dengan video call dan WhatsApp, jadi alhamdulillah. Nama masjidnya, Masjid Indonesia," paparnya.

3 dari 4 halaman

Rekrut Pekerja

Ivan Gunawan juga mempekerjakan masyarakat di sana dengan profesional untuk kemakmuran masjid. Dia berharap masyarakat Uganda dapat ikut memakmurkan masjid tersebut.

"Aku juga mempekerjakan beberapa orang untuk merawat masjid itu jadi ya walaupun kitajauh tapi bisa memberi lapangan kerja untuk memakmurkan masjid," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Bersyukur

Ivan Gunawan sangat senang dan bersyukur lantaran impiannya membangun masjid telah terkabul. Dia memang memiliki masjid impian yang spesifik.

"Sebenarnya aku punya mimpi punya masjid wara putih. Nah, kalau di Uganda masjidnya warna warni, ada yang kuning, ada yang hijau, merah, biru, jadi menurut temanku si Hamzah satu-satunya masjid yang warna putih di Uganda cuma Masjid Indonesia," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini