Sukses

Baim Wong Sempat Ganti Kerugian Korban Penipuan Give Away Atas Nama Dirinya, Tapi Kewalahan Karena Jumlahnya Ratusan

Hingga saat ini masih banyak korban yang tertipu dengan modus give away dari Baim Wong.

Liputan6.com, Jakarta Baim Wong beberapa tahun lalu memang diketahui gencar melakukan give away dengan beragam hadiah menarik. Namun kegiatan itu sudah tak lagi ia lakukan.

Kebaikan Baim Wong itu kemudian dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab yang melakukan penipuan dengan mencatut nama Baim Wong. Meski beberapa sudah dipenjarakan, namun kejahatan itu hingga saat ini masih tetap ada.

Parahnya lagi, masih banyak juga korban yang tertipu dengan modus give away dari Baim Wong itu. Buktinya, suami Paula Verhoeven ini masih mendapat banyak aduan dari warganet yang menjadi korban penipuan serupa.

"Terlalu banyak korban, yang akhirnya saya sendiri juga sebenarnya bingung harus gimana, tapi lama kelamaan banyak dari mereka yang ngadu ke saya kalau memang ketipu terus," kata Baim Wong dilansir dari tayangan YouTube Rasis Infotainment pada Selasa (17/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Puncaknya

Bahkan, yang tak habis pikir adalah korban penipuan give away ini juga ada yang berasal dari luar negeri dengan jumlah kerugian ratusan juta rupiah. Selain itu, banyak juga orang kecil yang menjadi korban mulai dari belasan hingga pulihan juta rupiah.

"Yang akhirnya puncaknya sebenarnya dari warga asing, Singapura, yang ketipu Rp 140 juta. Banyak orang kecil yang tertipunya 31 juta, 23 juta, yang pekerjaannya itu tukang seblak, yang Rp 100 ribu perharinya, dia itu pinjam dan selama beberapa tahun ini belum bisa mengganti," beber Baim Wong lagi.

 

3 dari 4 halaman

Tak Bisa Menangani Semua

Baim Wong sendiri memang sempat ingin berupaya untuk mengganti kerugian yang mereka alami. Beberapa memang sudah digantikan oleh uang pribadi Baim Wong, namun rupanya korban masih banyak yang mengadu sehingga Baim Wong sepertinya kewalahan dan tak mampu menanganinya sendiri.

"Saya sebelum memanggil mereka, saya pernah DM, saya ganti deh semuanya, semua DM masuk, ada yang ratusan ribu, jutaan, kita gantinya lumayan ya, saya nggak mau sebutin berapanya. Cuma kan kita nggak bisa nge-handle semuanya," kata Baim Wong.

 

4 dari 4 halaman

Berharap Ditanggapi

Dari situ, Baim Wong yang semula sudah enggan berurusan dengan kasus penipuan yang terus menerus terjadi ini, akhirnya mengajak semua korban untuk sama-sama mengurus masalah ini ke polisi. Ia berharap masalah ini bisa cepat diusut hingga tuntas. 

"Tadinya saya juga nggak pengin berurusan lagi, karena waktu juga kan (terkuras), cuman saya lihat mereka semua itu kayak berharap banget sama saya supaya orang-orang itu tertangkap. Sekarang itu berbagai macam nomor dan nama yang berbeda-beda, kita lagi aduin, mudah-mudahan ditanggapi," harapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.