Sukses

6 Fakta Kaki Suti Karno Diamputasi Karena Diabetes, Berawal Dari Kebiasaan Minum Es Teh Manis dan Soda

Suti Karno memberi kabar mengejutkan soal kondisi kesehatannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah dua bulan terakhir Suti Karno menjalani kehidupannya dengan satu kaki. Kaki Suti Karno diamputasi karena luka yang tak kunjung sembuh.

Pemeran Atun di sinetron Si Doel Anak Sekolahan diketahui mengidap diabetes. "Dua bulan yang lalu kan saya diamputasi. Jadi kaki saya jadi belum bisa beraktifitas normal," kata Suti Karno sat berbincang-bincang di acara Rumpi, Jumat (23/12/2022).

Saat ini, adik Rano Karno ini masih dalam tahap pemulihan pascaoperasi amputasi kaki. Kini aktifitas Suti Karno harus dibantu dengan menggunakan kursi roda ataupun kaki palsu. "Mudah-mudahan satu sampai dua bulan ke depan, saya bisa pakai kaki palsu," dia menguraikan.

Suti Karno membeberkan fakta mengenai kakinya yang diamputasi karena diabetes yang diidapnya. Berikut, 6 fakta yang dirangkum Liputan6.com terkait pengakuan Suti Karno soal amputasi kakinya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tak Pernah Minum Air Putih

Suti Karno menceritakan soal gaya hidupnya di masa muda yang tak pernah mengonsumsi air putih. Dia tak menyangka kebiasaan ini memberi pengaruh buruk bagi kesehatannya di masa mendatang.

"Iya saya diabetes sudah hampir 18 tahun, itu kan kesalahan kita waktu muda, enggak pernah dengar orangtua ngomong, karena saya tidak pernah minum air putih, selalu minuman bersoda," papar Suti Karno.

 

 

3 dari 7 halaman

2. Es Teh Manis

Di masa lalu, Suti Karno juga selalu mengonsumsi teh manis saat beraktivitas. Dia enggan menghilangkan dahaga dengan minum air mineral.

"Apalagi teh manis, syuting kan panas terik minum es teh manis. Sekarang mah enggak bisa. Sekarang berubah. Enggak ada yang harus disesali, tapi ada sebab dan akibat," ujarnya.

 

4 dari 7 halaman

3. 18 Tahun Diabetes

Diabetes yang diidap Suti Karno sudah berlangsung lama. Karena itu, luka yang tak kunjung sembuh muncul di bagian kakinya, menjadi penyebab awal proses amputasi kaki Suti Karno.

"Iya saya diabetes sudah hampir 18 tahun, itu kan kesalahan kita waktu muda, enggak pernah dengar orangtua ngomong," Suti Karno melanjutkan.

 

 

5 dari 7 halaman

4. Luka Yang Merambat

Penyakit diabetes ini rupanya menyebabkan luka yang tidak kunjung membaik pada sebelah kakinya. Merasa keadaannya kian memburuk, Suti Karno memutuskan untuk amputasi.

"Diamputasi sebetulnya keputusan saya loh, bukan dokter. Karena kan merambat luka saya, pembuluh darah saya sudah rusak yang bagian atas, jadi saya bilang kenapa enggak potong saja," papar Suti Karno.

 

 

6 dari 7 halaman

5. Jalani Fisioterapi

Saat ini Suti Karno sedang menjalani pemulihan pascaoperasi. Bintang serial Si Doel Anak Sekolahan ini menjelaskan treatment yang akan dia jalani selanjutnya.

"Mudah-mudahan satu sampai dua bulan ke depan saya bisa pakai kaki palsu. Sekarang saya lagi fisioterapi, sekarang saya masih punya semangat dan dikasih kesempatan Allah berbuat baik," dia menjelaskan.

 

 

7 dari 7 halaman

6. Rutin Minum Air Putih

Suti Karno baru rutin mengonsumsi air mineral setelah divonis dokter menderita diabetes. "Sama sekali saya tidak pernah minum air putih. Umur saya 56 tahun, saya baru rutin minum air putih. Selebihnya saya minum soda," ungkapnya.

Kendati demikian dia tak pernah menyesali kesalahannya di masa lalu, dia meyakini bahwa selalu ada sebab akibat dalam hidup. Dia hanya merasa bersalah pada Sang Pencipta.

"Yang pasti saya minta ampun sama Allah karena ciptaan dia saya rusak, saya kurang mencintai diri sendiri waktu itu. Mencintai orang mulu," dia memungkasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.