Sukses

Wasiat Aminah Cendrakasih Mak Nyak Si Doel, Dimakamkan Dekat Mak Uwo dan Tak Gelar Tahlilan

Wolly Sutinah alias Mak Uwo adalah ibunda Aminah Cendrakasih.

Liputan6.com, Jakarta - Jenazah Aminah Cendrakasih alias Mak Nyak Si Doel dimakamkan satu liang lahat dengan mendiang aktris Wolly Sutinah alias Mak Uwo di TPU Karet Bivak, Jakarta Selatan.

Aminah Cendrakasih meninggal dunia pada 22 Desember 2022 merupakan anak dari Mak Uwo. Sebelum Mak Nyak Si Doel meninggal dunia, ia sudah lebih dulu menyampaikan wasiat kepada anaknya agar dimakamkan berdekatan dengan ibundanya.

"Kita pernah ngobrol-ngobrol waktu masih biasa-biasa saja. 'Kalau dimakamin ibu mau di mana? Yang dari rumah deket?'. Kata ibu, 'ah aku maunya di Karet deket Mak Uwo'," ungkap Ade Purbasari menirukan ucapan Mak Nyak semasa hidup, Kamis (22/12/2022).

Mendengar keinginan bintang sinetron Si Doel Anak Sekolahan, Ade mengusulkan agar satu liang lahad dengan Mak Uwo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Menggelar Tahlilan

Kebetulan, makam Mak Uwo sudah cukup lama, dan dimungkinkan untuk ditumpuk jenazah yang lain. "Di sini ada makam saudara, satu laki-laki. Terus aku kasih saran kalau mau di (makam) Mak Uwo aja, kan udah lama. Terus ibu yang, 'oh iya ya'," jelas Ade.

Tak hanya itu, lanjut Ade, pihak keluarga juga tidak menggelar acara tahlilan yang umumnya dilakukan masyarakat. Diakui Ade, hal itu juga menjadi salah satu wasiat yang pernah diutarakan mendiang.

 

3 dari 4 halaman

Keluarga Ikhlas dan Lega

"Akhirnya biar kita enggak kemana-mana nyari, ya langsung aja karena memang udah pesan seperti itu. Nanti kita juga tidak mengadakan tahlilan di rumah karena wasiat dia," ungkap Ade.

Kepergian Aminah tentu meninggalkan kesedihan mendalam bagi Ade. Namun di sisi lain, Ade merasa lega karena ibunya tak lagi merasakan sakit atas penyakit yang dideritanya.

 

4 dari 4 halaman

Mohon Doa

"Sedih tapi yang saya lihat kepergian ibu ini dengan penyakit yang dirasakan puluhan tahun, ibu ikhlas. Jadi kepergian ibu seperti itu ya kita syukuri, artinya ibu sudah terbebas dari rasa sakitnya," ungkapnya.

Ade memohon doa agar almarhumah ditempatkan di sisi terbaik Tuhan Yang Maha Esa. Ia juga meminta jika semasa hidup, mendiang pernah berbuat salah baik yang disengaja ataupun tidak.

"Kami terimakasih untuk partisipasinya selama Ibu berkarir, untuk para penggemar. Saya mohon doanya juga agar kekhilafan dan dosa diampuni biar jalannya lurus," ucap Ade Purbasari. (M. Altaf Jauhar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.