Sukses

Aminah Cendrakasih Berbaring Selama 10 Tahun Karena Sakit Sebelum Meninggal Dunia

Aminah Cendrakasih mengalami kelumpuhan dan glukoma.

Liputan6.com, Jakarta Aminah Cendrakasih meninggal dunia di usia 84 tahun. Pemeran Mak Nyak dalam serial Si Doel Anak sekolahan ini meninggal setelah bertahun-tahun mengidap beberapa penyakit.

Vina sang cucu menjelaskan, neneknya hanya bisa beraktivitas di tempat tidur selama kurang lebih 10 tahun. Sakitnya dimulai dari kesulitan berjalan.

"Kurang lebih sudah 10 tahun nenek sakit berbaring, makan di kasur semuanya. Jadi kondisi nenek kan bertahap dari kurang lancar jalan," kata Vina dikutip dari Intens Investigasi, Kamis (22/12/2022).

Setelahnya, indra penglihatannya pun tak berfungsi. "Kaki tidak bisa digerakkan, kehilangan penglihatan, berakhir dengan aktivitas hanya di tempat tidur," paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Semangat Syuting

Salah satu yang membuat Aminah Cendrakasih semangat menjalani hidup adalah ketika dipercaya untuk kembali syuting di tengah keterbatasannya. Dia sempat syuting untuk Si Doel The Series.

"Jadi nenek kalau dibilangin mau ada syukutig lagi dia senang, semangat sekali. Makanya dulu momen saya bacakan naskah buat nenek itu terkenang banget sama saya sampai sekarang," kata Vina.

3 dari 4 halaman

Kondisi Menurun

Saat syuting pun Aminah Cendrakasih tampak senang dan bersemangat, meski belakangan kondisinya kian turun.

"Beliau enggak terlihat capai atau gimana (saat syuting). Masih ingin makan, terakhir memang beliau kurang nafsu makan, sering memuntahkan makanan," papar sang cucu.

4 dari 4 halaman

Pemakaman

Jenazah Aminah Cendrakasih akan dimakamkan hari ini, Kamis (22/12/2022), di TPU Karet Bivak Jakarta. Jenazahnya akan dikuburkan satu liang lahad dengan ibunya, Wolly Sutinah alias Mak Uwok.

"Di TPU Karet Bivak ya, dimakamkan bareng Mak Uwok. Dimakamkan kalau enggak setelah Zuhur sebelum Zuhur," kata Lala, putri Aminah Cendrakasih, saat dihubungi wartawan Rabu (21/12/2022) malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.