Sukses

6 Film Terbaik Aminah Cendrakasih, dari Asrama Dara Bareng Suzzanna Hingga Box Office Si Doel The Movie

Ini 6 film terbaik Aminah Cendrakasih yang luwes jadi tokoh protagonis hingga antagonis, termasuk Asrama Dara yang mempertemukannya dengan Suzzanna.

Liputan6.com, Jakarta Aminah Cendrakasih berpulang di usia 84 tahun, Rabu (21/12/2022). Aktris yang berkiprah sejak era 1950-an ini akan dimakamkan di TPU Karet Bivak Jakarta, Kamis (22/12/2022).

Aminah Cendrakasih meninggal dunia seraya mewariskan lebih dari 120 film Indonesia buat para pencinta sinema. Almarhumah pernah beradu akting dengan Suzzanna hingga generasi Rey Bong.

Semasa hidup, ia dikenal memiliki rentang akting luas lantaran bisa memerankan karakter antagonis hingga protagonis. Salah satu yang ikonis tentu saja Mpok Lela alias Mak Nyak dalam film box office Si Doel The Movie.

Mengenang kepergian Aminah Cendrakasih, laporan khas Showbiz Liputan6.com menghimpun 6 film terbaik almarhumah. Teriring doa semoga Aminah Cendrakasih diterima di sisi Sang Khalik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Asrama Dara (1958)

Laman filmindonesia.or.id mencatat penampilan perdana Aminah Cendrakasih dalam film Musafir Kelana bersama aktor era klasik Soekarno M. Noor dan WD Mochtar.

Tiga tahun setelahnya, ia beroleh kesempatan emas membintangi Asrama Dara karya sineas Usmar Ismail yang kemudian dikenal sebagai Bapak Perfilman Nasional.

Dalam film ini, akting Aminah Cendrakasih diadu dengan para bintang muda yang kini jadi legenda. Salah satunya, Suzzanna yang baru berumur 16 tahun dan memerankan Ina. Wow!

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 7 halaman

2. Tjambuk Api (1958)

Bakat akting Aminah Cendrakasih memikat Usmar Ismail. Ia pun dipercaya jadi pemeran utama dalam film Tjambuk Api. Dalam film karya sineas Titik Soerjo itu, Aminah Cendrakasih memerankan Marni.

Marni adalah anak Suro (Rendra Karno) yang jatuh cinta pada Kasan (WD Mochtar). Padahal, Suro dan Kasan bersitegang dengan diketahui para penduduk desa.

4 dari 7 halaman

3. Intan Berduri (1972)

Salah satu film Indonesia terbaik di era Generasi Bunga ini menempatkan Aminah Cendrakasih sebagai tokoh antagonis bernama Munah. Adegan paling ikonis terjadi saat Salihah (Rima Melati) meminjam beras kepada Munah karena anaknya sakit dan kelaparan.

Dengan santuy, Munah menjawab, “Kami tidak punya beras, hanya cukup buat ayam.” Sambil melemparkan beras itu kepada ayam di halaman rumah, ia berkata, “Kalau beras ini kami berikan, nanti ayam kami kelaparan.” Akting Aminah sukses bikin penonton gondok setengah mati.

5 dari 7 halaman

4. Benyamin Raja Lenong (1975)

Karya Syamsul Fuad ini mempertemukan Aminah Cendrakasih dengan legenda Betawi, Benyamin Sueb. Benyamin dikisahkan sebagai tukang binatu merangkap pemain lenong yang kerap ribut dengan Mimin (Aminah).

Mimin kesal karena kegiatan lenong sangat berisik dan mengganggu ketenangannya. Adegan cekcok antar-tetangga bikin Benyamin Raja Lenong tampak meriah dan mampu memotret kehidupan masyarakat Indonesia pada umumnya.

6 dari 7 halaman

5. Nasib Si Miskin (1977)

Tahun 1977 adalah masa keemasan bagi Aminah Cendrakasih. Bayangkan, pada tahun itu, ia membintangi 14 film termasuk Penasaran bersama Rhoma Irama dan Ali Topan Anak Jalanan yang mencetak box office.

Dari belasan film ini, Nasib Si Miskin salah satu yang disanjung kritikus. Menopang performa Robby Sugara, Doris Callebaute, dan Bagus Santoso, Aminah Cendrakasih mampu memotivasi karakter utama hingga tampak lebih tajam.

7 dari 7 halaman

6. Si Doel The Movie 2

Dikemas sebagai trilogi, Si Doel The Movie persembahan terakhir Aminah Cendrakasih di layar lebar. Meski tak bisa melihat dan berjalan, performa Mak Nyak di tangan Aminah tetap powerful sekaligus memotivasi tokoh utama, Doel, yang tengah berada di simpang jalan.

“Eh ya satu lagi Doel permintaan Nyak: Lo jangan sampai poligami. Biar kata agama izinin, kagak boleh. Jangan ya Doel,” kata Mak Nyak yang berbaring di ranjang dengan jilbab cokelat. Ini adegan paling menyentuh dalam trilogi Si Doel The Movie yang mencetak box office.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.