Sukses

Tiba di Pura Mangkunegaran, Rombongan Kirab Pengantin Kaesang Pangarep - Erina Gudono Disambut Ribuan Warga Solo

Pukul 09.00 WIB, satu persatu kereta kencana yang membawa Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dan keluarganya, tiba di Pura Mangkunegaran.

Liputan6.com, Jakarta Rangkaian acara prosesi adat ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono telah dimulai. Salah satu prosesi adat dalam rangkaian hari ini adalah Kirab Pengantin.

Kirab pengantin adalah sebuah proses mengiringi dan mengawal kedua mempelai. Kirab Pengantin ini berlangsung dari Loji Gandrung hingga ke Pura Mangkunegaran.

Pantauan dari tayangan siaran langsung di SCTV, tampak warga masyarakat begitu antusias mengikuti prosesi Kirab Pengantin ini. Mereka tumpah ruah di sisi kanan dan kiri jalan sepanjang rute kirab pengantin itu.

Kereta kencana yang membawa Kaesang Pangarep dan Erina Gudono serta keluarga, berangkat dari Loji Gandrung sekitar pukul 08.30 WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Disambut Meriah

Hingga pada pukul 09.00 WIB, satu persatu kereta kencana yang membawa Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dan keluarganya, tiba di Pura Mangkunegaran.

Suasana langsung begitu riuh dan meriah dari masyarakat yang sudah menunggu kedatangan Kaesang Pangarep-Erina Gudono dan rombongannya sejak pagi.

Warga masyarakat terus meneriakkan nama Jokowi dan memberikan ucapan selamat secara langsung atas pernikahan putra bungsunya ini. Jokowi menyambut dengan senyuman dan lambaian tangan tanda terima kasih kepada para warga masyarakat.

3 dari 4 halaman

Resepsi dan Pesta Rakyat

Di Pura Mangkunegaran, akan digelar acara resepsi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang dihadiri oleh para tamu undangan yang terdiri dari para tokoh besar Indonesia hingga artis dan influencer.

Sementara di luar di sekitar Pura Mangkunegaran, berlangsung pula pesta rakyat.

Pesta yang digelar untuk warga masyarakat umum ini diramaikan dengan panggung-panggung hiburan, booth-booth UMKM, hingga makanan gratis.

 

4 dari 4 halaman

Rangkaian

Seperti diketahui, rangkaian pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dimulai sejak Kamis (8/12/2022) dengan acara semaan Al Quran dan pengajian.

Dilanjutkan dengan prosesi siraman dan Midodareni, salah satu tradisi adat Jawa, yang digelar keesokan harinya di kediaman Erina Gudono di Sleman, Yogyakarta.

Dilanjutkan pada Sabtu (10/12/2022) sebagai acara inti digelar upacara akad nikah dan Panggih Pengantin. Rangkaian ditutup pada Minggu (11/12/2022) dengan acara Ngunduh Mantu, Kirab Penganten, dan Tasyakuran di Pura Mangkunegaran, Solo, sekaligus juga sebagai pesta rakyat lewat ada sembilan panggung yang sudah dipersiapkan di kawasan Pura Mangkunegaran dan sekitarnya.

Sembilan panggung hiburan disiapkan di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, mulai dari rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung hingga Pura Mangkunegaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.