Sukses

Jelang Akad Nikah Kaesang Pangarep, 12 Kereta Kuda Dikarantina dan Disterilisasi di Polresta Solo

Liputan6.com, Jakarta Jelang akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang digelar di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022), disusul ngunduh mantu keesokan harinya di Solo, sejumlah persiapan dilakukan.

Salah satunya, karantina kereta kencana yang digunakan untuk kirab setelah Jokowi ngunduh mantu dengan rute dari Loji Gandrung ke Puro Mangkunegaran Solo lewat jalan terpanjang di Surakarta, Slamet Riyadi.

Kereta kencana menjalani karantina dan sterilisasi di Polresta Solo sejak Jumat (9/12/2022). Total ada 12 kereta kuda yang dikarantina dan dicek oleh Pasukan Pengamanan Presiden RI atau Paspampres.

“Hari ini kegiatannya, semua kereta harus masuk di Kapolres Surakarta, dikarantina di Kapolres. Itu satu. Yang kedua, ini kan ada pengecekan sama Paspampres,” Koordinator Divisi Kuda dan Kereta Pernikahan Kaesang dan Erina, Mujiono, jelang akad nikah Kaesang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kediaman Jokowi

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Berita Surakarta, Jumat (9/12/2022), kereta kuda ini diambil dari berbagai lokasi, dari kediaman Presiden Jokowi di Solo hingga Museum Keris.

“Satu dari rumah tempatnya Pak Jokowi, yang ketiga ini nanti dari Museum Keris, Sunan (Hotel),” imbuhnya seraya menambahkan, Presiden Jokowi dan Ibu Negara akan menggunakan kereta berwarna cokelat.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Semua Kereta Sudah Siap

Persiapan kereta kuda sejauh ini mencapai 100 persen. Tinggal dikarantina dan disterilisasi Paspampres sebelum digunakan RI-1 dan keluarga. “Semua kereta sudah siap,” Mujiono membeberkan.

Kanal Lifestyle Liputan6.com mengabarkan pada Jumat kemarin, khusus kereta kuda pengantin rencananya ditarik enam kuda. Sementara, sebelas kereta lainnya masing-masing akan ditarik dua ekor kuda.

 

4 dari 4 halaman

Yang Dipercaya

“Yang dipercaya untuk menyiapkan kereta kuda, yakni Ngabehi Mujiono Prasetyo selaku pemilik Pajajaran Stabel yang kebetulan masih kerabat,” ungkap kata Aiptu Warsito, yang dipercaya sebagai kusir kereta kuda untuk pasangan Kaesang dan Erina saat kirab nanti.

Dalam kirab, rombongan kereta kuda Kaesang - Erina akan memulai perjalanan dari Loji Gandrung, Jalan Slamet Riyadi, pukul 07.30 WIB. Rombongan akan berlabuh di lokasi syukuran, yakni Puro Mangkunegaran, Solo.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS