Sukses

Rute Kereta Kencana Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Dari Lodji Gandrung ke Pura Mangkunegaran, Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta Keluarga Presiden Jokowi dikabarkan memesan 12 kuda untuk menarik sejumlah kereta dalam prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono pada Desember 2022.

Spekulasi yang beredar di kalangan jurnalis menyebut, setelah akad nikah di Yogyakarta, Jokowi akan ngunduh mantu di Solo, Jawa Tengah. Hingga kini, RI-1 belum mengklarifikasi soal ini.

Spekulasi meruncing ketika Mudjiono, warga Jajar, Solo, terkonfirmasi diminta keluarga Jokowi menyiapkan 12 kuda untuk menarik sejumlah kereta termasuk kereta kencana yang akan ditumpangi Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Kabarnya, kuda-kuda ini akan meneraik enam kereta yang ditumpangi Kaesang Pangarep, Erina Gudono, keluarga Presiden Jokowi dan besan dari Lodji Gandrung menuju lokasi resepsi, Pura Mangkunegaran Solo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pesan Kuda

Melansir dari video interviu di kanal YouTube Berita Surakarta, Sabtu (26/11/2022), salah satu perawat kuda pesanan Jokowi, yakni Roby membenarkan. Pihak Mudjiono dikontak pada Oktober 2022.

“Oktober-lah sudah dihubungi (oleh Dinas Pariwisata Solo),” katanya. Setelahnya akan ada geladi resik menggunakan sejumlah kereta biolet agar proses pernikahan di Solo lancar.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Geladi Resik

“Kalau geladi resik itu bukan kereta kencana melainkan (kereta) biolet dulu. (Untuk hari H, kereta) kencana dan biolet. Kereta kencana dari Dinas Pariwisata Solo,” Roby menejelaskan.

Dikonfirmasi soal rute dari Lodji Gandung ke Pura Mangkunegaran Solo, ia menjawab, “Untuk rute aku belum tahu. Ya kayaknya (dari Lodji Gandung ke Pura Mangkunegaran Solo).”

4 dari 4 halaman

12 Kuda

Diberitakan sebelumnya, dari 12 kuda yang dipesan ada dua kuda istimewa bernama Dinda dan Agustin. Nama yang disebut terakhir dulu menjadi “saksi” pernikahan Gibran Rakabuming dan Kahiyang Ayu.

“(Total kuda yang dipakai pernikahan itu) sekitar 12. Jadi, 12 kuda yang dua untuk menarik kereta kencana Kaesang. Sisanya buat keluarga dan besan (Pak Jokowi),” Roby mengakhiri.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS