Sukses

Sinopsis Film Gold Tayang di TV Malam Ini, Skandal Penambang Emas Berlatar Indonesia yang Diangkat dari Kisah Nyata

Berikut sinopsis film Gold tayang di Bioskop Trans TV malam ini, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Liputan6.com, Jakarta Film Gold dijadwalkan tayang dalam Bioskop Trans TV hari ini, Sabtu, 13 Agustus 2022. Anda juga bisa menyaksikan film ini lewat Live Streaming Trans TV yang tersedia di platform Vidio, gratis. Berikut sinopsis Gold yang dirangkum oleh Showbiz Liputan6.com dari berbagai sumber. Peringatan, tulisan ini mengandung spoiler atau bocoran hingga akhir cerita. 

Gold merupakan film bergenre drama kriminal yang rilis di bioskop pada Desember 2016. Film ini memasang Matthew McConaughey, Edgar Ramirez dan Bryce Dallas Howard sebagai pemeran utama. Film arahan sutradara Stephen Gaghan ini terinspirasi dari kisah nyata tentang skandal Bre-X, perusahaan tambang asal Kanada pada 1993 yang membuka area pertambangan di Indonesia. Namun karena alasan hukum dan undang-undang, nama tokoh serta detail kejadian telah disamarkan. Meski dalam film terdapat adegan dengan set hutan Indonesia, lokasi syuting yang sebenarnya di Thailand.

Film dibuka dengan latar tahun 1981. Kenny Wells sang tokoh utama bekerja di Washoe, perusahaan milik ayahnya, yang cukup sukses. Tapi tujuh tahun setelah ayahnya meninggal, perusahaan hampir bangkrut. Kenny sampai harus menumpang kerja dan tinggal di rumah pacarnya, Kay.

Kenny melihat peluang bisnis tambang emas di Indonesia. Ia bertemu dengan Michael Acosta, pakar geologi, yang sama-sama kesulitan keuangan. Kenny meyakinkan Mike usaha ini akan sukses, dan pulang ke Amerika untuk mengumpulkan uang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rintangan

Sayangnya, usaha pengeboran tidak kunjung memperlihatkan emas. Para pekerja berhenti. Kenny kemudian terkena malaria dan dirawat selama beberapa minggu. Setelah sembuh, ia diberitahu Mike usaha mereka berhasil dan kini punya tambang emas dalam jumlah besar.

Kenny lalu pulang ke Amerika dan merayu sejumlah bank hingga perusahaan besar untuk berinvestasi pada Washoe, perusahaannya. Ketika dijual di bursa saham, Washoe menunjukkan performa yang baik.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Lupa Diri

Larut dalam keberhasilan, Kenny lupa diri dan menghabiskan waktu untuk berpesta. Kay sering mengingatkan Kenny tapi malah dimarahi. Kay meninggalkan Kenny setelah tahu pria itu ciuman dengan wanita lain, Rachel Hill.

Masalah muncul ketika Mark Hancock mendatanginya. Bos perusahaan tambang besar ini berniat membeli perusahaan Kenny dan mengganti namanya. Kenny tersinggung dan menolak. Namun keesokan harinya, Kenny mendapati lokasi tambang ditutup. Rupanya, presiden AS menjadi salah satu dewan direksi dari perusahaan Hancock, dan juga berteman dengan presiden RI kala itu. Mike pulang ke Amerika dan merayu putra presiden untuk berinvestasi padanya dan berhasil, membuat area pertambangan kembali dibuka.

4 dari 5 halaman

Tertipu

Masalah muncul ketika suatu hari kantor Kenny digeruduk banyak orang. Terungkap bahwa area tambang emas ternyata palsu. Mike melakukan penipuan dengan mencampurkan beberapa material agar terlihat seperti emas yang berlimpah. Mike mencoba melarikan diri tapi tertangkap dan kabur saat di pesawat, diduga meninggal.

Kenny diinterogasi FBI, mengaku tidak tahu apa-apa. Kenny kemudian mendatangi rumah Kay dan minta maaf. Ia menemukan surat untuknya, berisi sapu tangan tempat Mike dan dirinya membuat kontrak. Di balik sapu tangan, terdapat slip deposito sebanyak 82 juta dolar Amerika Serikat di sebuah bank di Inggris.

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.