Sukses

Film Batgirl Batal Rilis Meski Syuting Rampung, Kesedihan Pemain dan Sutradara Bikin Michael Keaton Turun Tangan

Liputan6.com, Jakarta Film Batgirl adaptasi komik superhero DC yang bernaung di bawah Warner Bros. akhirnya menimbulkan pil pahit bagi sutradara dan para pemainnya. Biarpun syutingnya sudah kelar pada 31 Maret 2022, Pihak Warner Bros memutuskan untuk membatalkan penayangan film yang dibintangi oleh Leslie Grace ini.

Akibatnya, kesedihan pun ditumpahkan oleh Leslie Grace dan juga dua sutradaranya, Adil El Arbi dan Bilall Fallah. Dibatalkannya penayangan film tentang salah satu rekan Batman ini, lantaran pihak Warner Bros ingin meningkatkan kualitas film-filmnya termasuk adaptasi komik superhero DC.

Hal tersebut disampaikan oleh CEO Warner Bros. Discovery, David Zaslav kepada publik. Menurutnya, Warner Bros. memang sedang mengurangi anggaran untuk produksi ke platform streaming secara eksklusif demi bisa meningkatkan kualitas film-film bioskop dari karakter DC Comics.

"Ambisi kami adalah mengembalikan Warner dan memproduksi film-film dengan kualitas tinggi sambil melihat peluang untuk pengembangan yang lebih luas," ujar Zaslav melansir Comicbook.com, disampaikan Jumat (5/8/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Fokus ke Brand Superhero

Warner Bros pun sedang berusaha sebisa mungkin agar waralaba film superhero DC bisa meraup pendapatan yang optimal setelah dirilis. Terutama brand besar karakter DC.

Menurut David Zaslav, ia menyimpulkan bahwa film dengan biaya produksi mahal untuk layanan streaming sudah cenderung ditinggalkan.

"Kalian lihat Batman, Superman, Wonder Woman, Aquaman, itu adalah brand yang sudah dikenal semua orang di seluruh dunia. DC adalah sesuatu yang kami pikir dapat kami buat lebih baik dan kami sedang fokus di situ sekarang," terang Zaslav.

"Kami memiliki banyak film bagus dari DC yang akan segera tayang, Black Adam, Shazam!, dan The Flash. Kami sedang mempersiapkan semuanya dan sangat bersemangat untuk perilisannya," sambungnya memberi petunjuk soal film yang tetap dipertahankan untuk tayang.

 

3 dari 5 halaman

Ketabahan Pemain Utama

Keputusan Warner Bros tersebut akhirnya berbuah tanggapan beragam dari pihak yang terlibat dalam produksi film Batgirl. Salah satunya pemeran Barbara Gordon alias Batgirl, Leslie Grace. Ia tak menanggapi negatif dan tetap tabah pada keputusan Warner Bros.

"Setelah mengetahui berita terbaru tentang film kami “Batgirl”, aku bangga dengan cinta, kerja keras, dan niat pemain yang luar biasa dan kru kami yang tak kenal lelah mengerjakan film ini selama 7 bulan di Skotlandia. Aku merasa diberkati telah bekerja di antara orang-orang hebat dan menjalin hubungan seumur hidup selama prosesnya!” ujarnya dalam sebuah pengumuman.

“Untuk setiap penggemar Batgirl - TERIMA KASIH atas cinta dan kepercayaannya yang memungkinkanku untuk mengambil jubah dan menjadi seperti yang dikatakan Babs, “pahlawan untuk diriku sendiri!”,” sambungnya.

 

4 dari 5 halaman

Kesedihan Sutradara

Tak jauh berbeda dengan Leslie Grace, sutradara film Batgirl, Adil El Arbi dan Bilall Fallah mengaku sedih dengan keputusan Warner Bros. Discovery pada 2 Agustus 2022 untuk membatalkan penayangan film baru mereka di bioskop maupun platform streaming HBO Max.

"Kami sedih dan kaget dengan berita itu. Kami masih tidak percaya. Sebagai sutradara, sangat penting bahwa karya kami bisa ditampilkan kepada penonton, dan sementara film ini masih jauh dari kata selesai," tulis kedua sutradara itu melalui dalam pengumumannya di media sosial.

"Kami berharap para penggemar di seluruh dunia memiliki kesempatan untuk melihat dan merangkul film terakhir itu sendiri," ujar mereka menyambung.

5 dari 5 halaman

Sikap Michael Keaton

Terbaru, Michael Keaton yang seharusnya tampil di Batgirl, mendukung para sineas dengan memberi dua sutradara Batgirl, El Arbi dan Billal Fallah, sebuah buku khusus. Keaton sebelumnya pernah tampil sebagai Batman dalam film yang rilis pada 1989 dan sekuelnya yang rilis tahun 1992, Batmaan Returns. 

Melalui media sosialnya, El Arbi menunjukkan dukungan Michael Keaton kepada duo sutradara setelah Batgirl dibatalkan. Sang sineas mengunggah hadiah yang dikirim Michael Keaton untuk dirinya dan Fallah melalui Instagram Stories.

Hadiah yang diberikan oleh aktor senior tersebut adalah salinan resmi dari buku film Batman Returns yang telah ditandatangani dan telah dipersonalisasi oleh Michael Keaton. Ia menuliskan pesan terima kasih dan pengakuan kepada El Arbi dan Fallah.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS