Sukses

Annisa Pohan Jelaskan Penyebab Dirinya Alami Keguguran

Liputan6.com, Jakarta Annisa Pohan  alami keguguran saat mengandung anak keduanya dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Kabar duka tersebut disampaikan oleh pemilik nama lahir Annisa Larasati Pohan melalui akun Instagram-nya, Minggu (3/7/2022).

Wanita 41 tahun itu menceritakan ia mengalami keguguran saat usia kandungannya memasuki usia 7 minggu. Saat memeriksakan kandungannya ke dokter spesialis, ternyata janin dalam perutnya tak berkembang dengan baik.

"Sebenarnya Alhamdulillah saya kemarin positif hamil sehingga istirahat total satu bulan lebih ini dan menghindari hal-hal yang membuat stress, berharap agar kehamilannya bisa sehat dan lancar," tulis Annisa dalam keterangan unggahannya.

"Namun Qadarullah, mungkin Allah punya rencana lain yang lebih baik.Kehamilan saya dinyatakan tidak berkembang di usia 7 minggu, ukuran babynya terlalu kecil dan tidak ada detak jantungnya, sehingga tidak dapat dipertahankan," tulis Annisa Yudhoyono.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kuret

Annisa Yudhoyono mengikuti saran dokter untuk melakukan pembersihan janin yang tak berkembang dalam kandungnnya. Hal itu dilakukan agar dirinya bisa kembali hamil lagi nantinya.

"Saran dokter agar segera dikeluarkan dan dibersihkan dengan sistem ERPOC (serupa dengan kuret bahasa umumnya), dan telah dilakukan kemarin 2 Juli 2020," tulisnya.

3 dari 4 halaman

Berusaha Ikhlas

Meski awalnya berat, Annisa Yudhoyono berusaha ikhlas menerima kenyataan yang sudah digariskan oleh Sang Khalik. Apalagi dirinya dan suami berharap bisa mendapat keturunan lagi dan memberikan adik buat Almira Tunggadewi Yudhoyono.

"Bagi saya dan Mas Agus yang telah bertahun-tahun ikhtiar untuk menambah keturunan, diberikan kesempatan untuk dapat positif hamil adalah anugerah yang luar biasa dari Allah. Dan ketika harus mengalami keguguran, tentu menjadi hal yang sangat berat untuk kami. Namun kami ikhlas, dan meyakini bahwa ketetapan Allah SWT adalah yang terbaik," tulisnya.

4 dari 4 halaman

Pemulihan

Saat ini Annisa mengaku sedang menjalani pemulihan usai mengalami keguguran. Ia masih berharap bisa hamil lagi dan mendapatkan anak kedua.

"Sekarang saya sedang dalam tahap pemulihan, dan alhamdulillah hari ini sudah lebih baik setelah prosedur kemarin. Ke depan, hidup harus terus berjalan dengan baik, dan tidak ada kata putus asa," tulisnya lagi.