Sukses

Mantan Presiden SBY Ungkap Lukisan Grand Canyon Karyanya, Jadi Panutan Warganet soal Masa Pensiun

Liputan6.com, Jakarta Mantan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY hingga kini masih getol menekuni hobi melukis. Ia ogah untuk “main aman” dan tetap mengambil tantangan baru dalam kegiatan ini. Lihat saja lukisan terbaru yang ia buat.

Dalam laman Facebook-nya, suami mendiang Ani Yudhoyono ini berdiri di samping karya terbarunya. Lukisan pemandangan Grand Canyon tersebut berukuran cukup besar. SBY yang berdiri di sampingnya jadi terlihat kecil.

Lukisan kanvas besar yang saya unggah ini adalah pemandangan indah di Grand Canyon, Arizona, Amerika Serikat. Sebagai pelukis pemula, melukis di atas kanvas ekstra besar berukuran 1,4 meter x 2,5 meter, dengan menggunakan cat acrylic, merupakan tantangan tersendiri bagi saya,” tulisnya di caption unggahan pada Jumat, (17/6/2022) lalu.

Ia meneruskan, “Alhamdulillah, setelah saya tekuni beberapa hari ini, lukisan ini akhirnya selesai juga. Semoga teman-teman berkenan untuk melihatnya. Salam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Butuh Usaha

Unggahan ini ternyata tak hanya ramai dikomentari warganet di Facebook, tapi juga di Twitter. Salah satu unggahan yang banyak direspons warganet adalah dari staf pribadi sang mantan presiden, Ossy Dermawan. 

"Lukisan karya SBY ukuran 2,5 meter x 1,4 meter pemandangan Grand Canyon ini memang butuh effort dalam melukisnya dengan media cat acrylic. When it’s done, he is happy and smiling. And I am so happy to see him smiling..," begitu isi cuitan yang disukai lebih daru 46 ribu warganet.

3 dari 4 halaman

Masa Pensiun Produktif

Dalam cuitannya, tak sedikit warganet yang memuji karya SBY tersebut. Banyak pula yang angkat jempol melihat caranya menikmati masa pensiun. 

"Bener2 nikmatin masa pensiun dengan sangat baik bapak sby ini," cuit @summeren***.

"Pak SBY really said “udah pensiun tapi harus tetap produktif” 💅🏼" pemilik akun @@ayude*** ikut menimpali. 

"Life goal jadi sby pas usia pensiun," pemilik akun @medsic*** menambahkan. 

4 dari 4 halaman

Di Cikeas

Selama beberapa tahun terakhir, SBY memang terlihat sangat aktif melukis, dan mengunggah hasil karyanya di waktu senggang ke media sosial. Hobinya ini pula yang membuatnya bisa melawan rasa jenuh kala pandemi selama lebih dari dua tahun terakhir. 

Tahun lalu, Wasekjen Partai Demokrat (PD) Jansen Sitindaon menyebut kegiatan SBY selama pandemi dan masa tuanya adalah melukis di studio pribadinya di Cikeas, Jawa Barat. "Inilah kegiatan pak SBY selama menjalani PPKM ini dan hari tuanya. Melukis di studio di Cikeas," pungkas Jansen.