Sukses

Prihatin dengan Anak Ridwan Kamil, Zaskia Adya Mecca Ceritakan Pengalaman Pahitnya Saat Terseret Arus Sungai

Liputan6.com, Jakarta Naas tengah dialami Emmeril Khan Mumtadz putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Eril begitu sapaan akrabnya terseret arus Sungai Aare di Barn, Swiss pada Kamis, 26 Mei 2022 siang waktu setempat. Hingga kini tim penyelamat belum juga menemukan Eril.

Mengetahui kabar tersebut, Zaskia Adya Mecca turut prihatin. Ia pun mengaku pernah mengalami kejadian serupa seperti Eril saat bermain di sungai di kawasan Sentul, Jawa Barat bersama teman-temannya.

Buat istri Hanung Bramantyo, ini adalah pengalaman terburuk yang pernah dialaminya. Meski berat untuk menceritakan, namun Zaskia Adya Mecca mencoba berbagi dengan apa yang ia alami sekaligus memberitahu  tentang bahayanya arus sungai.

"Melihat berita pagi ini, membuka luka ku yang hampir 1 tahun terlewati..2 juni 2021, ber5 tracking ke satu curug daerah sentul lalu di jalan pulang kami hampir hanyut terbawa arus😭💔foto di slide berat bgt ku lihat semenjak kejadian," tulisnya di Instagram, Jumat (27/5/2022).

"Cerita yang sulit ku buka, bahkan sempat berfikir akan kami simpan sendiri dan lupakan perlahan.. tapi lihat kejadian ini, aku hrs membuka untuk meningkatkan kesadaran sama2 akan bahayanya arus sungai," tulisnya lagi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Terseret Arus

Saat itu Zaskia Adya Mecca bersama teman-temanya Prilia Nur Afrida, Defa Ajeng Kamelia, Tasya Nur Medina, dan Tiwuk Rayie, sedang asik bermain air di sungai. Namun tiba-tiba arus yang awalnya tenang mulai deras dan menyeret dirinya dan beberapa temannya.

Saat kejadian, warga sekitar tidak ada yang berani membantu lantaran takut terseret arus tersebut. Apalagi air mulai meninggi dan sempat membuat Zaskia Adya Mecca Mencerah.

"Sore itu kami setelah main sebentar di curug, menuju ke mobil dan mau menyebrangi sungai dengan air semata kaki.. mendadak air datang dengan arus deras.. 3 dari kami berhasil kepinggir walau udah kebalik2, sayangnya dua terjebak😭 satu ditengah,satunya lagi udah kebawa arus alhamdulillah ketangkep tangan&berhasil ketahan di batu besar," ujarnya

"Banyak orang lewat tapi ga ada yang berani bantu satupun.. krn ga da alat proper dan arus deras, air makin lama makin tinggi, sungai makin meluap, satu yang ditengah udah ampir nyerah lepasin pegangan krn dia hanya berpegang ke satu batu ditengah sungai, air udah sedada," sambunya lagi.

3 dari 4 halaman

Trauma

Di benak Zaskia Adya Mecca ia mengira dirinya atau teman-temannya tidak akan selamat. Apalagi beberapa orang yang menolong mereka sempat kelelahan dan hampir tak sadarkan diri.

Beruntung ia dan teman-temanya berhasil selamat, namun masih menyisakan trauma mendalam atas kejadian tersebut.

"Dikepala ku “kami akan pulang ga lengkap!” 😭 akhirnya Warga lokal sampai 6orang setelah 30menit kejadian krn posisi mereka jauh dari lokasi, dengan tambang seadanya.. setelah 45menit yang ditengah berhasil ditolong walau si bapak penolong juga hampir pingsan mengikatkan badannya dengan tali tambang plastik tipis menerjang arus sungai.. bukan, bukan tim sar😢 tanpa keahlian juga, si bapak mempertaruhkan dirinya untuk menolong kami," ceritanya.

"Trauma, shock, ke psikolog dan banyak yang kami lakukan untuk healing saat itu..Saat ini belum pulih dan tidak akan pernah pulih 100%, tapi satu yang akan aku jadikan pelajaran.. buat mengingatkan semua akan BAHAYA arus sungai yang sangat tidak terduga," jelasnya

4 dari 4 halaman

Doakan Eril

Di akhir tulisannya ia mendoakan agar Eril bisa segera ditemukan dengan keadaan selamat. Selain itu ia mengingatkan bahwa bahayanya arus sungai yang bisa merenggut nyawa.

"Hati2 bermain dengan sungai,kami sudah waspada pun bisa terancam..Bismillah semoga Eril ditemukan selamat..kang @ridwankamil , teteh @ataliapr & keluarga dikuatkan hatinya.. ini saat sulit dan ga mudah untuk mereka😢Jangan lupa diselipkan doa untuk kang emil sekeluarga sekarang yah," tutupnya