Sukses

Defri Juliant Bereksperimen di Luar Dangdut, Luncurkan Single Pop Melayu Biarkan Semua Berlalu

Liputan6.com, Jakarta Defri Juliant yang dikenal sebagai jebolan Liga Dangdut Indonesia 2020 Indosiar telah merilis karya independen atas nama label miliknya, Julshie Entertainment pada Jumat (13/5/2022).

Setelah merilis sejumlah lagu dan sebuah album bersama Koko Record, kini Defri meluncurkan "Biarkan Semua Berlalu", single pertama yang dirilis dari serangkaian lagu yang diproduseri olehnya.

Lagu ini juga menjadi lagu bergenre pop melayu pertama yang dirilis oleh Defri Juliant. Meskipun tak bergenre dangdut, Defri mengaku tetap menghidupkan genre yang telah membesarkan namanya itu dengan gaya bernyanyinya.

"Tentu ini berbeda dari genre asalku yang dikenal banyak orang sebagai penyanyi dangdut. Tapi di dalam lagu ini cara pembawaan bernyanyiku tidak menghilangkan dangdut. Ada beberapa bagian yang bercengkok dangdut," ungkap Defri Juliant dalam keterangannya yang diterima redaksi Liputan6.com.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Berangkat dari Pengalaman Pribadi

Lagu "Biarkan Semua Berlalu" berangkat dari pengalaman pribadi Defri Juliant yang disempurnakan menjadi sebuah karya lagu oleh Ali Ocumond.

Defri mengungkapkan bahwa lagu ini cocok dengan karakter vokalnya dalam bernyanyi. Selain itu, notasi dan cengkok di lagu ini tidak sulit. Liriknya juga mudah dimengerti dan mudah diingat.

"Lagu ini cocok dengan karakter vokalku yang tebal dan lantang karena emosi di dalam lagu ini antara kedua belah pihak sama-sama sedih. Tetapi aku sebagai laki-laki harus bisa lebih kuat untuk diriku sendiri dan berusaha menenangkan kekasihku," ujar Defri menjelaskan.

3 dari 5 halaman

Menuangkan Kisah Masa Lampau

"Menuangkan kisah lampau suatu perjalanan kehidupan dan menjadikannya sebuah karya yang dapat dinikmati serta dapat dirasakan orang lain menurutku adalah satu cara untuk menciptakan kehidupan yang abadi," terangnya perihal visi lagu ini.

"Dari pemikiran seperti ini, aku terinspirasi untuk menyanyikan sebuah karya yang benar-benar aku alami di kehidupan masa laluku," ia melanjutkan.

 

4 dari 5 halaman

Cocok untuk Remaja

Defri juga mengatakan bahwa lagunya sangat cocok untuk para remaja yang sedang merasakan putus cinta.

"Aku rasa lagu ini sangat relate dengan kisah remaja kebanyakan yang sedang putus cinta dan merasa kehilangan harapan untuk bisa memulai kisah cinta lagi," jelas Defri Juliant soal makna lagu barunya.

 

5 dari 5 halaman

Produksi dan Rilis

Proses pembuatan lagu “Biarkan Semua Berlalu” yang berdurasi 4 menit 22 detik ini sudah dimulai pada 10 Oktober 2021.

Kala itu, Defri menggelar workshop bersama seniman asal Kampar bernama Ali Ocumond sebagai penulis lagu. Penulisan lagu ini dikerjakan dalam waktu yang relatif singkat.

Selanjutnya, proses rekaman dilakukan pada 28 Oktober 2021 di Diva Pro Studio Padang oleh Decky Ryan. Decky juga melakukan proses aransemen dan mixing.

"Biarkan Semua Berlalu" dirilis secara digital pada Jumat, 13 Mei 2022. Selain tersedia di layanan musik digital, Defri juga merilis video musik yang dapat disaksikan di kanal YouTube Defri Juliant.