Sukses

Penjelasan Animator The Simpsons Soal Episode Ramalan Perang Rusia Vs Ukraina

Baru-baru ini, pencinta The Simpsons heboh setelah menyadari isu perang Rusia vs Ukraina mirip dengan adegan di musim 9 episode ke-19 serial kartun garapan Fox itu.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa episode serial kartun The Simpsons dianggap berhasil meramalkan sejumlah isu yang bikin heboh dunia. Termasuk baru-baru ini, perang Rusia vs Ukraina yang sama-sama negara pecahan dari Uni Soviet.

Episode The Simpsons musim 9 episode ke-19 berjudul Simpson Tide yang mengudara pada 29 Maret 1998, awalnya hanya berfokus pada Homer Simpson ketika ia bekerja sebagai kru kapal selam Angkatan Laut AS setelah dipecat dari pekerjaan sebelumnya.

Adegan demi adegan konyol ditampilkan dalam serial kartun ini, sampai akhirnya Homer Simpson tak sengaja membuat kapten kapal yang sedang berada di dalam lajur torpedo, dilesatkan bak misil hingga menabrak kapal selam Rusia di perairan negara tersebut.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Konflik Mirip Kejadian Sekarang

Sejumlah adegan susulan yang tak kalah konyol disajikan. Permasalahan Homer Simpson tersebut berujung pada pengakuan Rusia di sidang PBB bahwa Uni Soviet sebenarnya belum pecah.

Adegan lalu menampilkan Benteng Kremlin dipenuhi bendera Rusia dan mengeluarkan banyak tank dari dalam karavan serta sejumlah pasukan yang bersiaga. Kemudian, Tembok Berlin kembali didirikan dan jenazah Vladimir Lenin bangkit bak zombi.

 

3 dari 5 halaman

Tanggapan Animator

Atas hebohnya warganet yang menganggap episode 24 tahun silam itu sebagai ramalan Perang Rusia vs Ukraina, animator Al Jean yang juga produser eksekutif episode tersebut, akhirnya buka suara.

"Sangat sedih untuk mengatakan ini tapi sungguh sangat sulit untuk diprediksi," tulis Al Jean di Twitter.

 

4 dari 5 halaman

Dua Macam Prediksi

Lebih lanjut, kepada The Hollywood Reporter, Al Jean menjelaskan secara mendalam soal dibuatnya adegan tersebut yang berkaitan dengan masa lalunya. Awalnya, ia menyebut ada dua macam prediksi di serial ini beserta contohnya.

"Dalam hal prediksi, ada dua jenis yang kami miliki: Yang sepele, seperti Don Mattingly bermasalah dengan rambutnya di 'Homer at the Bat'. Kemudian ada prediksi seperti ini," ujar Jean.

5 dari 5 halaman

Momok di Masa Lalu

Isu politik Amerika Serikat yang memang sangat lama anti dengan hal-hal berbau Uni Soviet seperti ideologi komunis dan sejarah negara tersebut, menjadi salah satu alasan Al Jean membuat episode ini.

"Saya benci mengatakannya, tapi saya lahir pada tahun 1961, jadi 30 tahun hidup saya bersama momok Uni Soviet. Jadi, bagi saya, sayangnya ini lebih merupakan norma daripada prediksi. Kami baru saja menyadari semuanya akan menjadi buruk," sambungnya.

Sebelumnya, berkali-kali The Simpsons berhasil memprediksi isu-isu yang mencengangkan dunia. Beberapa di antaranya ramalan terpilihnya Donald Trump sebagai presiden AS, tragedi 11 September, sampai isu dibelinya Fox oleh Disney.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.