Sukses

Haji Faisal Sarankan Makam Ibunda Vanessa Angel yang Dipindahkan, Agar Gala Sky Andriansyah Mudah Berziarah

Liputan6.com, Jakarta Doddy Sudrajat ngotot ingin memindahan makam putrinya, Vanessa Angel, agar satu liang lahat dengan ibunya di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat. Berbagai alasan telah dikemukakan Doddy Sudrajat, dari wasiat Vanessa Angel sampai pemakaman dianggap tidak sesuai kaidah islam.

Menanggapai hal itu, H Faisal mengaku tak habis pikir. Mengapa baru sekarang Doddy Sudrajat mempermasalahkan masalah ini.

Padahal saat awal prosesi pemakaman, Doddy Sudrajat setuju putrinya dimakamkan bersebelahan dengan Bibi Andriansyah di TPU Islam Malaka, Swadarma, Jakarta Selatan.

"Pihak sana sebenarnya sudah lihat waktu sebelum dimakamkan. Bahwa ya tempatnya bagus, lalu pas dimakamkan di situ, dia sendiri menyetujui," kata H Faisal diktutip dari kanal YouTube Intens Investigasi, Sabtu (19/2/2022).

2 dari 4 halaman

Ketentuan Makam

H Faisal menjelasakan, ada ketentuan yang berlaku perihal memindahkan makam. Butuh waktu sebelum makam tersebut benar-benar diperbolehkan untuk dipindahkan.

"Pemindahan makam kan ada ketentuannya juga. Misalnya berapa? 3 tahun? Jadi ya nggak usah diutak atik, orang makam mereka baru," kata Haji Faisal.

3 dari 4 halaman

Saran H Faisal

Untuk itu, H Faisal menyarankan Doddy Sudrajat lebih baik yang memindahkan makam istrinya agar bisa satu liang lahat dengan Vanessa Angel tapi bukan sebaliknya.

"Kalau mau kita kaji lagi, bukannya malah lebih bagus yang dari sana (makam ibu Vanessa Angel) saja dipindahkan ke sini? Yang di sana sudah lama kan? Ngapain yang dari sini dipindahkan ke sana?," ucap Haji Faisal.

4 dari 4 halaman

Alasannya

Bukan tanpa alasan, hal itu agar mempermudah Gala Sky Andriansyah untuk berziarah ke makam ibu, ayah, dan juga neneknya kerena berada di satu tempat yang sama.

"Kan rumah Gala di sini. Jadi kalau suatu saat dia mau ziarah, itu jaraknya tinggal dua menit sudah sampai. Jalan kaki pun bisa," ujar Haji Faisal

"Malah kalau yang dari sana dipindahkan ke sini, cucunya jadi bisa lihat kan? Nggak usah repot-repot lah. Gitu saja kok repot?" tambahnya