Sukses

Pengisi Suara Detective Conan dan Spongebob Versi Indonesia, Ahmad Zulkifli Lubis Meninggal Dunia

Disampaikan bahwa Ahmad Zulkifli, pengisi suara Detective Conan dan Spongebob Squarepants versi Indonesia meninggal dunia pada Kamis (17/2/2022) malam.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka tengah melanda dunia dubber (sulih suara) Tanah Air. Pengisi suara Conan Edogawa alias Detective Conan hingga Spongebob Squarepants versi bahasa Indonesia, Ahmad Zulkifli Lubis, telah meninggal dunia di usia 50 tahun.

Melansir vlog Aji Darma Susanto, pengisi suara yang pernah menyuarakan karakter Patrick di Spongebob Squarepants bahasa Indonesia, disampaikan bahwa Ahmad Zulkifli meninggal dunia di salah satu rumah sakit pada Kamis (17/2/2022) malam.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun... Telah berpulang ke rahmatullah, salah satu rekan kami, dubber profesional Indonesia yang suaranya banyak menghiasi kartun dan lainnya, yaitu kakak Ahmad Zulkifli Lubis atau biasa disapa Kak Iphie, yang selama ini mengisi Detective Conan sebagai Conan," ujar Aji Darma Susanto melalui kanal YouTube miliknya, di hari yang sama.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sempat Dirawat

Dalam pengumumannya, Aji juga menyampaikan bahwa almarhum Ahmad Zulkifli sempat dirawat di rumah sakit sebelum berpulang ke pangkuan Sang Khalik.

"Meninggal malam ini jam 22.30 di rumah sakit karena sakit. Dia baru dua hari masuk rumah sakit dan akhirnya dinyatakan meninggal," ujar Aji Darma.

 

3 dari 5 halaman

Doa Terbaik

Sambil mengumumkan kabar duka ini, Aji Darma Susanto juga mendoakan agar mendiang pengisi suara Spongebob Squarepants yang paling terakhir itu bisa diterima di sisi Sang Pencipta.

"Untuk itu teman-teman, mari kita doakan yang terbaik untuk Kakak Iphie. Semoga husnul khatimah, dilapangkan kuburnya, mendapatkan ampunan atas segala dosa dan kesalahannya, dan juga diterima dan mendapatkan jannahNya. Aamiin," ujar Aji dilanjutkan doa Al Fatihah.

 

4 dari 5 halaman

Dubber Conan Edogawa Terlama

Diketahui, Ahmad Zulkifli memang bukan dubber bahasa Indonesia pertama untuk karakter Conan Edogawa/Shinichi Kudo alias Detective Conan.

Namun, ia merupakan pengisi suara bahasa Indonesia paling lama untuk karakter tersebut sewaktu anime ini masih mengudara di Indosiar.

 

5 dari 5 halaman

Suara Lainnya

Suara Ahmad Zulkifli juga terakhir kali terdengar di tayangan Spongebob Squarepants versi Bahasa Indonesia. Suaranya juga disumbangkan untuk karakter Ash di Pokemon, Ulong di Dragon Ball, dan Ben 10.

Tak hanya animasi, ia juga pernah mengisi suara bahasa Indonesia untuk serial live action. Contohnya adalah Sun Go Kong di Petualangan Kera Sakti, Pendekar Rajawali (Return of the Condor Heroes), Golok Pembunuh Naga (To Liong To), dan Meteor Garden.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.