Sukses

Aliando Syarief Alami OCD Sejak SD, Sempat Sembuh tapi Kambuh di Usia 25

Liputan6.com, Jakarta Aliando Syarief secara mengejutkan mengumumkan dirinya mengalami gangguan mental Obsessive Compulsive Disorder (OCD). Karena hal itu, dirinya sulit menjalani aktivitas dan memutuskan untuk mundur dari beberapa proyek pekerjaannya.

Pria yang namanya tenar lewat sinetron Ganteng Ganteng Serigala menjelaskan, dirinya sudah menderita OCD saat masih duduk di sekolah dasar dan akhirnya bisa sembuh. Namun setelah belasan tahun, gangguan mental itu datang lagi.

"Dulu sudah pernah kelas 2 SD, tapi balik lagi umur 25 sekarang. Kelas 2 SD tuh sudah selesai. Habis itu kena OCD lagi baru 2019 akhir di 2020 kemarin," ujar Aliando, dikutip dari kanal YouTube Populer Seleb yang mengunggah ulang live Instagram Aliando, Kamis (27/1/2022).

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bergelut dengan Pikiran

Bergelut dengan pikiran sendiri menjadi hal yang paling dirasakan Aliando. Bahkan, ia harus bertarung hebat agar bisa mengontrol pikirannya.

"Yang dirasain kalau OCD tuh wah campur aduk ya, kita kayak berantem sama pikiran kita sendiri. Karena pikiran buruk itu ingin menguasai otak kita. Jadi kita harus ngelawan," katanya.

3 dari 4 halaman

Perjuangan

Untuk mandi saja, Aliando membutuhkan perjuangan ekstra. Sebab, ia bisa saja memikirkan hal yang buruk terjadi saat dirinya mandi.

"Mandi sih mandi tetap, tapi mandinya, bayangin, butuh perjuangan. Kayak gue lagi mandi, tiba-tiba lu garuk kepala sampai tengkorak gitu," sambungnya.

4 dari 4 halaman

Terapi

Untuk bisa sembuh dari gangguan mental tersebut, kini Aliando sedang menjalani terapi. Ia sangat berjuang keras untuk bisa kembali normal seperti sedia kala.

"Karena OCD ini, ini kerja ya. Jadi di rumah pun tetap kerja untuk bisa menyelesaikan musibah ini. Gitu ya," ucap Aliando.