Sukses

Gempa Bumi Guncang Jember, Tak Ada Korban Jiwa

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi kembali terjadi. Kali ini gempa sebesar 5,1 magnitudo menguncang Jember, Jawa Timur, Kamis (16/12/2021) pagi.

Gempa Jember terjadi pada pukul 06.01 WIB. Dan guncangan gempa tak hanya dirasakan warga setempat saja, tapi juga Denpasar dan Banyuwangi.

BMKG menjelaskan bahwa gempa bumi yang berlokasi di 9 poin 81 lintang Selatan, 113 poin 67 lintang BT dengan kedalaman 10 Km ini tidak berpotensi tsunami.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Hancur

Meski begitu, gempa ini telah merusak beberapa rumah warga. Bahkan, ada yang sampai hancur. Hal itu terlihat dalam sebuah video di kanal YouTube Video on the spot terbaru, Kamis (16/12/2021).

"Hancur guys, digoyang guys. Kene goyang goyang dombret. Total guys kena dombret oleh gusti Allah," ucap salah seorang warga yang memperlihatkan rumahnya yang hancur.

3 dari 5 halaman

Genteng Berjatuhan

Ada juga warga yang tak mengalami kehancuran rumahnya namun mengalami keruntuhan genteng-genteng rumahnya.

"Posisi genteng saya rontok, kebobol, berserakan," timpal lainnya.

4 dari 5 halaman

Tak Ada Korban

Hingga berita ini diturunkan, belum adanya laporan tentang korban yang meninggal atau terluka akibat gempa tersebut. Namun tak sedikit warga di sana berhamburan ke luar saat gempat terjadi.

5 dari 5 halaman

5 - 7 Detik

Dikabarkan bahwa gempa pagi tadi yang mengguncang Jember, Jawa Timur berlangsung lima hingga tujuh detik. Dan ini merupakan gempa kedua bagi warga Jember.

Meski begitu, warga yang merasakan gempa tetap merasakan kepanikan.

"Keras sekali, ya sekitar lima sampai 10 detik lah. Banyak yang keluar. Dua atau tiga hari lalu juga ada tapi enggak terlalu besar," ungkap salah satu warga, yang dikutip dari kanal YouTube iNews.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS