Sukses

Gempa di Selatan Jawa Timur Timbulkan Kerusakan di Jember

Gempa terjadi pada Kamis (16/12/2011) sekitar pukul 06.01.33 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Gempa magnitudo 5,0 yang terjadi di wilayah Selatan Jawa Timur menyebabkan kerusakan di beberapa lokasi di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Gempa terjadi pada Kamis (16/12/2011) sekitar pukul 06.01.33 WIB.

"Hingga saat ini sudah ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut di beberapa daerah di Kabupaten Jember," ujar Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono dalam keterangannya, Kamis (16/12/2021).

Daryono menyebut, guncangan gempa dirasakan di beberapa daerah. Di daerah Puger, getaran dirasakan hampir semua penduduk dan menyebabkan orang-orang terbangun.

Getaran juga dirasakan di Denpasar, Kuta, Legian, Banyuwangi, Jimbaran, Karangkates, Lumajang, hingga Bondowoso.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Berpotensi Tsunami

Daryono mengatakan, pusat gempa terletak pada koordinat 8,55° LS ; 113,48° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 43 KM arah Barat Daya Kota Jember, Jawa Timur pada kedalaman 26 KM.

"Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dalam lempeng (intraplate earthquake) yang dipicu aktivitas sesar aktif di dasar laut," kata dia.

Dia mengatakan, gempa bumi yang terjadi di Selatan Jawa Timur tidak berpotensi terjadinya tsunami.

"Hingga hari Kamis, 16 Desember 2021 pukul 06.18 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Gempa Terkini

  • Jember

  • Gempa Jember