Sukses

Kilas Balik 6 Fakta Film Tilik dan Tokoh Bu Tejo Sang Ratu Gibah Indonesia, Terbaru Akan Dibuat Versi Serial

Film pendek Tilik yang viral berkat karakter Bu Tejo akan dibuat versi serial. Bu Tejo kala itu digelari warganet sebagai Ratu Gibah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat film Tilik yang viral tahun lalu? Karya sutradara Wahyu Agung Prasetyo ini melambungkan karakter Bu Tejo yang dimainkan dengan apik oleh aktris Siti Fauziah.

Tilik lantas dibahas banyak pihak dari dosen Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta hingga para selebritas. Setahun lebih Tilik datang dengan kabar baru.

Tahun depan, Tilik akan dibuat versi serial dan tayang di platform streaming. Yang kangen dengan sepak terjang Bu Tejo, bersiaplah. Berikut kilas balik 6 fakta seputar film Tilik.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Viral Hingga Dibahas Dosen

Setelah viral, Tilik panen pujian dan kritik. Salah satu kritik menyebut Tilik menebalkan stigma dan stereotip para ibu sebagai biang gosip serta mudah terpapar hoaks. Karena geger, dosen Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarya, Budi Irawanto, buka suara.

“Gotrek (sopir truk yang mengantar Bu Tejo dan kawan-kawan -red) tampak mencuri dengar pergunjingan ibu-ibu itu dari tempat duduknya sembari menyetir truk,” urainya. “Jelas ini bukan penggambaran perempuan yang stereotip dalam film Indonesia,” simpulnya, kala itu.

 

3 dari 7 halaman

2. Menangis Semalam

Bersamaan dengan viralnya tokoh Bu Tejo, karier Siti Fauziah mengangkasa. Dalam sesi wawancara dengan Showbiz Liputan6.com, ia tak menyangka Bu Tejo bakal jadi isu nasional. “Awal-awal syok, saya sampai semalaman menangis,” cetusnya, Sabtu (22/8/2020).

Terkait kritik seputar Tilik dan karakter Bu Tejo, Siti Fauziah merespons, “Lagi-lagi saya harus berpikir solutif. Bahwa pendapat yang kontra itu membuat kaki saya tidak melayang, tetap nginjak tanah.”

 

4 dari 7 halaman

3. Ratu Gibah Indonesia

Saking ikonis, warganet menggelari Bu Tejo sebagai Ratu Gibah Indonesia. “Suzana: Ratu Horor Indonesia, Bu Tejo: Ratu Ghibah Indonesia,” cetus seorang warganet di kolom komentar kanal YouTube Racavana Films.

Muantappp tenan, Bu Tejo ini memang nyinyir tapi jadi tokoh penggerak nih , ada sisi positifnya. Film pendek yang keren krn menggambarkan realita kehidupan sehari-hari di masyarakat,” sanjung netizen dengan akun Theresia Deisy.

 

5 dari 7 halaman

4. 26 Juta Penonton

Popularitas Tilik membuat Siti Fauziah pemeran Bu Tejo diundang ke berbagai acara televisi nasional, lengkap dengan kostum berhijab dan bros keemasan yang menempel di jilbabnya.

Walhasil, Tilik dibahas netizen +62 selama sepekan lebih. Ini berdampak pada lonjakan jumlah penonton film Tilik di YouTube. Kini Tilik ditonton lebih dari 26 juta kali dan kebanjiran 94 ribuan komentar.

 

6 dari 7 halaman

5. Dibikin Serial

Setahun berlalu, Tilik akan dibuat versi serial dan tayang di platform streaming WeTV tahun depan. Country Head WeTV dan iflix Indonesia, Lesley Simpson, membenarkan kabar ini.

“Masyarakat Indonesia ternyata antusias terhadap konten lokal yang tergabung dalam WeTV Original. Itu terlihat dari WeTV Original yang selalu masuk ke jajaran konten terpopuler kami. Tahun depan akan ada banyak konten lokal baru termasuk Tilik,” terangnya.

 

7 dari 7 halaman

6. Tontonan Masyarakat Global

Dalam wawancara virtual dengan Showbiz Liputan6.com pekan ini, Lesley menyebut akan ada 12 konten lokal baru. Selain Tilik, ada sejumlah sekuel yang ditunggu publik seperti My Lecturer My Husband, Antares dan Kisah Untuk Geri musim kedua.

Ia berharap konten lokal Indonesia menjadi tontonan yang mengglobal. “Seperti Tilik, film pendek fenomenal dan jadi pembicaraan selama beberapa pekan. Lewat versi serial, kami yakin Tilik akan jadi tontonan masyarakat global,” Lesley mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.