Sukses

Heboh Gosip Rachel Vennya Akan Jadi Duta Karantina, Kemenkes RI dan Polisi Beri Klarifikasi

Liputan6.com, Jakarta Sabtu (16/10/2021), jagat maya digemparkan dengan kabar Rachel Vennya akan dijadikan Duta Karantina setelah terkonfirmasi kabur dari karantina di wisma atlet Pademangan Jakarta.

Isu ini menghiasi elatase sejumlah akun gosip Instagram hingga akun Twitter terverifikasi @areajulid. Di sana, gosip ini dikomentari lebih dari 1.200 orang. Mayoritas berisi kecaman.

Teteh dapat info nih. Kabarnya dia (Rachel Vennya -red) dan oknum yg bersangkutan bakal dijadikan duta,” demikian isi pesan tangkapan layar soal selebgram dengan 6 jutaan pengikut itu.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 5 halaman

Memberikan Penyuluhan

Nanti diberikan tugas memberikan penyuluhan tentang vaksin, karantina, menjaga daya tahan tubuh, dll. Kuat bener bekingannya, dan konon ini win win solution...,” tulis pesan tersebut.

Warganet +62 mengecam kabar ini. “Udah ya Chel, jangan merasa paling tersakiti lagi. Soalnya sesakit apapun kamu dan masalahmu. Kamu masih memiliki uang untuk menutupi itu, sedangkan yang lain, boro-boro...,” akyn @bulannxb****** berkomentar.

3 dari 5 halaman

Malah Kabur

Jujur sebenarnya kesel banget sama si rv ini. Pasien gue ada yg baru lahiran trs susp cov & dia isolasi sendirian hampir 1 bulan. Padahal babynya butuh ASI. Coba tuh baru lahiran trs karantina sendirian. Situ enak bisa sekamar sama pacar eh malah kabur,” cuit @hisnaaahth.

Merespons isu ini, Showbiz Liputan6.com menghubungi Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan RI, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid.

 

4 dari 5 halaman

Tak Ada Rencana

Lewat pesan WhatsApp, Siti membantah kabar Rachel Vennya akan jadi Duta Karantina, Duta Vaksinasi atau apapun itu. “Tidak ada rencana bahwa Rachel akan menjadi duta karantina,” jawabnya.

Ia menggarisbawahi bahwa kabar Rachel Vennya akan jadi Duta Karantina Kemenkes RI adalah kabar palsu alias hoaks. “Ya (Rachel akan jadi Duta Karantina itu hoaks),” Siti menegaskan, 16 Oktober 2021. 

5 dari 5 halaman

Pekan Depan Dipanggil

Dihubungi terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Drs. Yusri Yunus, tak mau mengomentari rumor Rachel Vennya akan jadi Duta Karantina setelah terkonfirmasi kabur.

“Kalau menanyakan soal ini ke kami, salah alamat. Tapi kalau ditanya soal proses hukum, benar pekan depan yang bersangkutan dipanggil (untuk dimintai keterangan),” kata Yusri pada hari yang sama.