Sukses

Bikin Film A World Without, Nia Dinata Terinspirasi dari Media Sosial

Liputan6.com, Jakarta - Dunia media sosial rupanya memantik sisi kreativitas sineas wanita Nia Dinata. Jagat jejaring sosial ini, membuatnya mencetuskan ide untuk film A World Without, bersama Lucky Kuswandi.

"Aku menulis bersama Lucky. Sebenarnya cerita A World Without ini sudah cukup lama. Sejak 2018 kita ngobrol-ngobrol soal kondisi dunia, kondisi social media, kondisi dengan mudahnya orang mengidolakan siapa pun di social media," tuturnya dalam konferensi pers yang digelar Netflix secara daring pada Selasa (12/10/2021) kemarin.

Wanita yang duduk sebagai sutradara sekaligus penulis ini menambahkan bahwa orang-orang saat ini lebih mudah untuk menjual banyak hal lewat media sosial.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Tahun 2030

"Enggak cuma [jual] barang, tapi juga ideologi," ujarnya. Pada saat pandemi menghantam, Nia mengatakan topik ini justru ia pandang semakin relevan untuk diangkat.

Ia melanjutkan, ada sejumlah hal unik dari A World Without.

"Pertama, film ini ada di tahun 2030. Mungkin film Indonesia sangat jarang berbicara tentang masa depan, walau masa depannya tidak terlalu jauh yakni sembilan tahun," tutur sang sutradara Arisan.

3 dari 5 halaman

Relevan dengan Kondisi Sekarang

 

"Meski setting-nya tahun 2030 dan a dystopian world, ini relevan karena apa yang ingin dicari ketiga karakter kita itu enggak beda dengan yang ingin dicari banyak orang. Terutama pada pascapandemi seperti saat ini," Lucky Kuswandi menambahkan.

Ia mencontohkan dengan menjabarkan apa yang ditawarkan oleh The Light, institusi yang menjanjikan masa depan cerah untuk pengikutnya. Mulai dari kepastian akan masa depan, keterikatan dalam suatu kelompok, perasaan saling memiliki.

 

4 dari 5 halaman

Permasalahan Remaja

Selain itu Nia Dinata juga merasa belum ada film Indonesia yang mengangkat topik tentang life coach yang ditujukan untuk anak muda.

"Justru yang punya permasalahan dewasa saat ini remaja, yang masa depannya masih panjang. Dan masih polos juga," tuturnya.

 

5 dari 5 halaman

Sinopsis The Light

A World Without sendiri merupakan film Indonesia orisinal Netflix terbaru. Berkisah tentang The Light, organisasi yang menjanjikan masa depan cerah untuk anggotanya, tapi menyimpan rahasia gelap.

Film ini dibintangi oleh Chicco Jerikho, Amanda Rawles, Ayushita, Maizura, Asmara Abigail, dan lainnya. A World Without tayang perdana di Netflix pada hari ini, Kamis (14/10/2021).