Sukses

Potret Azis Gagap dan 5 Artis yang Kini Sibuk Menjadi Petani

Azis Gagap dan sejumlah selebriti lain kini mampu menjalani kegiatan sebagai seorang petani.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki profesi sebagai seorang artis memang sangat menjanjikan. Tak terhitung jumlah artis atau selebriti yang memiliki pendapatan lebih dari cukup berkat hasil kerjanya, seperti yang dirasakan komedian Azis Gagap.

Namun, ada kalanya seorang artis atau selebriti tak harus melulu mengandalkan dunia hiburan sebagai ladang uang. Bidang lain pun ditekuni mulai dari bisnis, otomotif, bahkan ada yang memilih untuk jadi petani.

Profesi petani memang identik dengan hal-hal yang membutuhkan tenaga ekstra saat terjun ke sawah serta kejelian dalam hal bercocok tanam. Namun, Azis Gagap dan sejumlah selebriti lain mampu menjalaninya.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Fokus di Sawah

Para artis yang menjadi petani justru terlihat berfokus pada kegiatan di luar gemerlap dunia hiburan ini. Kebanyakan dari mereka memilih untuk membudidayakan hasil sawah di kampung halaman masing-masing. Alhasil, artis-artis ini pun sudah hampir tak pernah terlihat lagi di layar kaca.

3 dari 9 halaman

Siapa Saja?

Lantas, siapa saja para artis yang tak lagi berkutat di dunia hiburan demi berfokus sebagai seorang petani? Berikut deretannya seperti diambil dari berbagai sumber.

4 dari 9 halaman

1. Azis Gagap

Azis Gagap yang dikenal sebagai seorang komedian, beberapa waktu lalu menyampaikan pengumuman untuk tak aktif lagi di dunia hiburan. Ia pun pulang ke kampung halaman demi mengurus sawah dan hewan ternaknya.

Kegiatan di bidang pertanian dilakukan Azis demi bisa menunjang perekonomian pondok pesantren miliknya. Bahkan, ia memberdayakan para untuk bisa menanam pohon serta tanaman hias yang bisa dijual.

5 dari 9 halaman

2. Narji Cagur

Narji kini berfokus di bidang pertanian setelah ia menjajal selama pandemi Covid-19. Komedian yang juga personel Cagur ini mengolah tanah yang berada di lahan kosong bersama tetangga sekitar rumah. Dari hasil bercocok tanam, Narji dan tetangganya kerap menghasilkan sayuran yang ditanam selama berbulan-bulan.

6 dari 9 halaman

3. Akri Patrio

Komedian Muhammad Akri Falaq yang akrab disapa Akri Patrio kini sedang vakum dari dunia hiburan demi bisa total dalam hal berdakwah. Selain itu, Akri juga kini sedang sibuk bertani sambil beternak kerbau di kampung halaman. Hampir semua kegiatannya ini ia lakukan sendiri.

7 dari 9 halaman

4. Ken Ken

Aktor Ken Ken yang dahulu populer sebagai Wiro Sableng, sudah cukup lama pensiun dari dunia hiburan Tanah Air. Pemilik nama Herning Sukendro ini pun memilih untuk menjadi petani sayuran di kampung halamannya di wilayah Cimande, Caringin, Bogor.

Kegiatan ini ditekuni Ken Ken setelah ia sempat terpuruk akibat tersandung kasus narkoba yang membuat hartanya habis.

8 dari 9 halaman

5. Mark Sungkar

Sebelum menjadi artis, Mark Sungkar rupanya sempat merasakan profesi sebagai petani sejak muda. Ayah Shireen dan Zaskia Sungkar ini juga merupakan salah satu pejuang di bidang pertanian Indonesia. Setelah pernikahan ketiga, Mark Sungkar pindah ke daerah Puncak untuk kembali berfokus sebagai petani serta budidaya tanaman hidroponik.

9 dari 9 halaman

6. Novi Listiana

Novi Listiana yang dahulu dikenal sebagai penyanyi dangdut, kini memiliki penampilan berhijab. Bersamaan dengan itu, wanita muda asal Boyolali, Jawa Tengah ini menekuni profesi sebagai seorang petani. Dalam sejumlah video di media sosial, ia beberapa kali memperlihatkan aktivitasnya selama di sawah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.