Sukses

Oki Setiana Dewi Kenang Kisah Haru di Balik Rumah Almarhum Ayah yang Jadi Tempat Penghafal Al-Qur'an

Belum lama ini, Oki Setiana Dewi memperlihatkan potret rumah almarhum ayahnya di Batam yang sedang direnovasi.

Liputan6.com, Jakarta - Oki Setiana Dewi beberapa waktu lalu sempat menyampaikan bahwa rumah almarhum ayahnya di Batam, Kepulauan Riau, saat ini sedang disiapkan untuk menjadi tempat untuk menghafal Al-Qur'an.

Di balik keputusan mulia itu, kakak Ria Ricis mengatakan bahwa ia dan saudara-saudaranya menginginkan amalan almarhum ayahnya tak terhenti meskipun sudah meninggal dunia.

Pada salah satu unggahan di Instagram, belum lama ini, Oki Setiana Dewi memperlihatkan potret rumah almarhum ayahnya yang sedang direnovasi. Ia pun terbesit untuk membeberkan kisah mengharukan di balik rumah tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Direnovasi Berkali-Kali

Awalnya, Oki bercerita bahwa rumah tersebut sempat mengalami renovasi berkali-kali.

"Ini rumah Papa. Rumah masa kecil kami di Batam yang sudah mengalami renovasi entah yang keberapa kali. Semula rumah ini sangat kecil. Tak seperti ini bentuknya," tulis Oki Setiana Dewi mengawali kenangan terhadap rumah tersebut.

 

3 dari 5 halaman

Tinggal Belasan Tahun

Oki lantas mengenang betapa ayahnya tak henti-hentinya merenovasi rumah hampir setiap hari.

"Rasanya selama belasan tahun saya dan adik-adik tinggal di rumah ini, setiap hari tiada hari tanpa renovasi. Ya, Papa mengerjakannya dengan tangannya sendiri! Tentu dibantu dengan 1-2 orang tukang," lanjut Oki Setiana Dewi.

"Ada saja yang dikerjakan. Pekan ini buat tangga, hari berikutnya ngecat, lalu buat ini, buat itu," tambahnya.

4 dari 5 halaman

Rumah Kebanggaan

Rupanya, karena terlalu seringnya rumah tersebut direnovasi, Oki mengaku bahwa ia dan dua adiknya sempat melontarkan pertanyaan kepada almarhum ayahnya. Jawaban sang ayah membuat Oki tersadar untuk menjadikan kediaman lamanya itu lebih bermanfaat.

"Sampai kami selalu bertanya, “Ini rumah kapan selesainya, sih Pah”. Rumah ini hasil keras Papa selama puluhan tahun. Rumah kebanggaan Papa," kenang Oki.

"Saat Papa kembali kepada Allah, kami semua memutuskan rumah bersejarah ini kami jadikan rumah quran, @maskanulhuffadzbatam @maskanulhuffadz," terangnya.

 

 

5 dari 5 halaman

Masih Direnovasi

Meskipun sang ayah sudah berpulang untuk selamanya, Oki Setiana Dewi dan adik-adiknya tetap melanjutkan renovasi rumah tersebut hingga para santri baru menempatinya.

"Rumah ini masih terus direnovasi sampai kedatangan santri baru nanti di bulan depan. Insya Allah. Tantu bentuk-bentuk rumah “hasil karya Papa” tak ada yang berubah," jelasnya.

"Semoga rumah ini bisa terus membuat bahagia Papa.. mendatangkan kebahagiaan untuk Papa di dunia & akhirat. Amin," Oki Setiana Dewi berharap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.