Sukses

Keluarga Ceritakan Kronologi Meninggalnya Ki Manteb Soedharsono

kronologi meninggalnya Ki Manteb Soedharsono

Liputan6.com, Jakarta - Dalang legendaris Tanah Air, Ki Manteb Soedharsono, meninggal dunia pada Jumat (2/7/2021). Pria yang dijuluki "Dalang Setan" dikabarkan meninggal setelah terpapar Covid-19.

Sebelum jatuh sakit dan meninggal dunia, Ki Manteb sempat mengadakan pentas wayang. Selesai acara itu, kondisi kesehatannya mulai menurun.

"Kemarin tanggal 25 kan pentas di Taman Mini, abis itu pulang sudah enggak enak badan karena di sana AC nya, dua hari pakai latihan dulu dingin banget. Enggak enak badan, tanggal 27 Juni pentas lagi," ucar Jengkung Setio, keponakan Ki Manteb saat dihubungi, Jumat (2/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kelelahan

Lantaran kelelahan, penyakit paru-paru yang sudah lama diderita Ki Manteb kambuh. Sampai akhirnya ia harus menjalani rawat jalan.

"Jadi kan kecapekan memicu kambuhnya penyakit paru. Udah ada sejak tahun 80-an, pakde udah ada penyakit itu,” ungkap Jengkung lagi.

3 dari 4 halaman

Tetap Manggung

Sebelumnya Jengkung sempat melarang pamannya untuk pentas, mengingat usianya yang sudah sepuh dan kondisi pendemi. Apalagi sebelumnya Ki Manteb sempat mengeluh dengan kondisi tubuhnya.

"Sudah ngeluh. Saya sebetulnya melarang beliau pentas. Diwakilkan anaknya, tapi beliau enggak mau. Pokoknya saya bisa pentas memaksakan diri," jelas Jengkung.

4 dari 4 halaman

Dimakamkan

Saat ini jenazah Ki Manteb telah dimakamkan di Desa Doplang, Jati, Blora, Jawa Tengah, sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. Apalagi Ki Manteb dikabarkan positif terpapar Covid-19.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.