Sukses

Menkeu Sri Mulyani Indrawati Bacakan Surat Kartini dengan Penuh Semangat, di Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati membacakan Surat Kartini di Anugerah Perempuan Hebat Indonesia di Hari Kartini 2021 yang digelar via live streaming di Liputan6.com pada Rabu (21/4/2021).

Surat Kartini ini dibacakan Sri Mulyani setelah pembacaan puisi oleh Menlu Retno Marsudi. Sang Menteri sangat menghayati setiap kata yang disampaikannya.

Khusus untuk Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021, Sri Mulyani membacakan Surat Kartini kepada N.v.Z. yang aslinya dimuat dalam Kolonial Weekblad (Mingguan Kolonial) tertanggal 25 Desember 1902.

2 dari 6 halaman

Isi Surat

“Harapan kami, tolonglah, bantulah kami agar usaha kami berguna bagi bangsa kami dan terutama bagi kaum perempuan bangsa itu. Beban berat yang diletakkan di atas bahunya oleh adat lama turun temurun," begitu Sri Mulyani membuka surat Kartini.

Pembacaan narasi Surat Kartini ini untuk mengenang kepedulian Kartini terhadap nasib kaumnya. Tergambar salah satunya melalui surat yang dilayangkan untuk para sahabat di Eropa pada awal abad 20.

Buah pemikiran itulah yang juga menjadikan Kartini sebagai pejuang emansipasi wanita Indonesia.

3 dari 6 halaman

Pembacaan Puisi oleh Retno Marsudi

Sebelumnya, Menteri Retno Marsudi membacakan puisi berjudul "Aku Hadir" karya Abidah El Khalieqy. Bu Retno, sapaan khasnya, membaca puisi tentang perempuan ini dengan penuh penghayatan.

Retno tercatat sebagai Menlu perempuan pertama dalam sejarah Tanah Air. Ia memiliki prestasi dan bakat seni luar biasa. Tak salah kehadiran Menlu ini menjadi salah satu segmen yang dinanti pemirsa.

4 dari 6 halaman

Sejak 2016

Anugerah Perempuan Hebat Indonesia adalah acara tahunan yang digelar sejak 2016 oleh Liputan6.com. Media online besar di bawah EMTEK Group tersebut menggelar acara di Hari Kartini 2021 dengan tajuk "Tetap Hebat di Masa Pandemi."

Acara penghargaan pada Rabu, 21 April 2021 mulai pukul 11.00 sampai 13.30 WIB ini diisi dengan gelar wicara dan hiburan. Hadir Virzha, penyanyi muda yang diidolakan banyak orang sebagai salah satu penampil.

5 dari 6 halaman

Digelar Secara Daring

Digelar di tengah pandemi Covid-19, pemberian penghargaan dilakukan secara daring. Tema yang diambil, "Tetap Hebat di Masa Pandemi" merefleksikan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini termasuk perjuangan para perempuan untuk bertahan di masa sulit.

Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 dikemas menarik, memadukan pembahasan terkait pentingnya peran perempuan di tengah pandemi dengan hiburan kreatif.

 

6 dari 6 halaman

Kehadiran Tokoh Lain

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, menjadi pembicara kunci dalam Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr.Hasto Wardoyo, Sp.OG memandu diskusi soal perempuan di acara tahunan ini.