Sukses

Ustaz Zacky Mirza Pingsan Saat Berdakwah, Diduga Kelelahan akibat Safari Ramadhan di Riau

Liputan6.com, Jakarta Kabar sedih datang dari Ustaz Zacky Mirza. Sebuah potongan video viral memperlihatkan sang ustaz pingsan di tengah dakwah di sebuah masjid di Riau. Ia diduga kelelahan setelah menjalani kegiatan dakwah yang padat sepanjang bulan Ramadhan ini. 

Melansir dari video Detik-detik Ustad Zacky Mirza Pingsan Saat Ceramah di kanal YouTube Star Story, tampak Zacky Mirza naik mimbar pakai kemeja putih yang dibalut luaran lengan panjang warna gelap.

Kepada jemaah, ia mengingatkan pentingnya amal baik dalam hidup. Ustaz Zacky mengingatkan Allah tak akan menutup mata pada kebaikan yang diperbuat umat-Nya.

2 dari 5 halaman

Setiap Amal Kebaikan

“Setiap amal kebaikan kita itu insyaallah jadi catatan di mata Allah SWT. Jadi tabungan kita, segala sesuatu yang kita lakukan di dunia ini, kebaikan ketulusan, keikhlasan,” katanya.

“Kalau kita lakukan karena Allah, insyaallah Allah juga akan bahagiakan hidup kita dunia akhirat. Terakhir sebelum salam, kita tutup dengan membaca sedikit zikir kepada Allah,” Zacky Mirza menyambung.

3 dari 5 halaman

Kembali kepada Allah

Di pengujung dakwah, ia mengajak hadirin berzikir dengan alasan, setiap manusia akhirnya akan menghadap Allah. Jelang ajal, tak ada lagi yang layak dilantun kecuali dua kalimat syahadat.

“Kita zikir Ibu ya, karena suatu saat kita kembali kepada Allah tidak ada yang kita ucapkan kecuali dua kalimat syahadat,” demikian Zacky Mirza mengingatkan.

4 dari 5 halaman

Memimpin Zikir

Zacky Mirza lalu memimpin zikir dengan pelafalan terbata-bata. Beberapa detik kemudian ia ambruk. Beberapa buku dan gelas berisi air minum tersenggol oleh tangannya.

Seorang pria yang duduk bersila tak jauh dari Zacky Mirza bergegas menangkap badan sang ustaz yang nyaris jatuh ke lantai. Beberapa jemaah lain kemudian beringsut ke depan untuk memegangi tubuh Zacky Mirza. 

5 dari 5 halaman

Dilarikan Ke Rumah Sakit

Mencermati potongan video itu, Zacky Mirza dibaringkan ke lantai masjid untuk mendapat pertolongan pertama. Kepala dan sebagian badannya dibalur minyak kayu putih.

Memilik Instagram Stories akun Instagram terverifikasi Zacky Mirza, Minggu (18/4/2021), pedakwah itu telah dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat penanganan medis.