Sukses

Kontrak Grup K-Pop TOO Bikin CJ ENM dan n.CH Berseteru

Sengketa antara kedua perusahaan yang menaungi grup K-Pop TOO ini mulai tercium pada minggu lalu.

Liputan6.com, Seoul - Grup K-Pop TOO kini menjadi sorotan karena agensi yang mengurusi mereka, CJ ENM dan n.CH Entertainment. Seperti diketahui, setelah dibentuk lewat program kompetisi Word Klass, TOO debut pada April 2020 lalu. 

Persoalan manajemen dan promosi TOO diserahkan keada n.CH Entertainment, sementara CJ ENM menangani masalah produksi dan pemasaran album.

Sengketa antara kedua perusahaan ini pertama kali terkuak pada 13 Januari lalu, saat CJ ENM dikabarkan media Korea memutus kontrak dengan n.CH secara mendadak.

Hal ini disebut membuat pengerjaan album ketiga TOO menjadi molor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tanpa Kontrak

Dua hari setelah pemberitaan ini, n.CH mengeluarkan pernyataan resmi mereka. Isinya adalah empat poin permasalahan menurut pihak mereka. 

Persoalan pertama adalah pihak n.Ch mengaku belum menerima salinan kontrak TOO bersegel yang dijanjikan CJ ENM selama berbulan-bulan. "Sepanjang periode tersebut, n.CH mempercayai perusahaan sebesar CJ ENM dan mengelola TOO dengan jujur tanpa kontrak," tutur pihan n.CH.

3 dari 5 halaman

Tak Ada Tanda Tangan

Poin lain yang diungkap, adalah kontrak manajemen yang belum disahkan, CJ ENM ingin mengubah klausul kontrak secara sepihak, dan pihak n.CH diminta mentransfer manajemen TOO.

"Kami menyingkirkan perasaan kecewa karena ketidakadilan ini, dan demi para anggota (TOO) yang bekerja keras berlatih dan menantikan debut mereka, kami menyarankan kepada CJ bahwa kami akan mengurus TOO selama dua tahun tanpa kompensasi finansial, jadi TOO bisa meraih posisi stabil. Namun, hal ini juga ditolak," begitu pernyataan n.CH. 

Terakhir, disebut pula bahwa CJ ENM belum membayar biaya-biaya yang telah dikeluarkan n.CH karena kedua pihak belum mencapai kata sepakat. 

4 dari 5 halaman

Ambil Keuntungan Sepihak?

Pada hari ini, Selasa (19/1/2021), giliran CJ ENM yang mengeluarkan versi mereka dari sengketa ini. 

"Inti dari kasus ini adalah seseorang yang merupakan eksekutif dan pemegang saham di n.CH Entertainment terus mendorong kontrak dengan kondisi yang akan menguntungkan n.CH Entertainment secara sepihak, bahkan setelah mereka tak lagi bekerja di sana. Inilah mengapa kami tak bisa mencapai kata sepakat," tutur perwakilan CJ ENM. 

 

5 dari 5 halaman

Ambil Alih

CJ ENM mengatakan bahwa mereka berniat untuk mengambil alih manajemen TOO. 

"Karena kontrak kami sebagai perwakilan manajemen dengan n.CH Entertainment berakhir, CJ ENM berniat memegang manajemen TOO. CJ ENM akan mengambil tanggung jawab dan mendedikasikan dukungan untuk para anggota TOO agar mereka bisa matang sebagai artis yang hebat. Karena itu, kami meminta n.CH mendukung transisi yang mulus antara kedua perusahaan," begitu pernyataan CJ ENM. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.