Sukses

Olivia Zalianty Baca Puisi Tepat di Peringatan Hari Bela Negara, Sempat Lakukan Upacara Bendera

Olivia Zalianty ikut memperingati Hari Bela Negara yang jatuh setiap 19 Desember. Tahun ini, ia membaca puisi dalam peringatan itu.

Liputan6.com, Jakarta Momentum Hari Bela Negara yang diperingati tiap 19 Desember nyaris terlupakan seiring dengan wabah pandemi Covid-19. Namun Olivia Zalianty memilih untuk memperingati Hari Bela Negara sebagai ekspresi menjunjung semangat nasionalisme.

Olivia Zalianty menggelar peringatan itu dengan serangkaian acara, mulai dari upacara bendera, peluncuran novel sejarah, pembacaan puisi Bela Negara, dan melukis. Artis yang merupakan Ketua Yayasan Generasi Lintas Budaya ini tak ingin momen Hari Bela Negara dilupakan.

"Hari Bela Negara merupakan momen bagi anak muda dan bangsa Indonesia menyatakan semangat bela negara. Kita harus bersatu membela kesatuan Negara Republik Indonesia," kata Olivia Zalianty melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Sabtu (19/12/2020).

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ditetapkan Tiap 19 Desember

Sekadar mengingatkan, penetapan Hari Bela Negara tanggal 19 Desember, dikukuhkan melaui Keppres Nomor 28 Tahun 2006, disusul pengukuhan Mr. Syafruddin Prawiranegara sebagai Pahlawan Nasional 8 November 2011.

 

3 dari 5 halaman

Upacara Virtual

Mematuhi anjuran pemerintah, maka upacara bendera dilakukan secara virtual taping di halaman TVRI, Minggu 13 Desember 2020 lalu. Peserta upacara antara lain relawan BNPB, Kwarnas Pramuka, Perpusnas, Karyawan TVRI, dan seniman generasi lintas budaya.

Bertindak selaku pembina upacara adalah Prof Jimly Assiddiqie, SH, Ketua Mahkamah Konstitusi 2003 – 2008 sekaligus Penasihat Yayasan Generasi Lintas Budaya.

 

4 dari 5 halaman

Peran Olivia Zalianty

Olivia Zalianty jugamengkoordinir acara peluncuran novel roman sejarah kisah nyata pejuang PDRI (Pemerintahan Darurat Republik Indonesia). Roman sejarah berlatar belakang kisah nyata pejuang PDRI bernama Awaludin Latief.

Satu larik kisah menarik, yang ditulis ke dalam dua versi novel oleh dua orang penulis: Sri Iswati dan Decy C. Capriconadri. "Grand launching novel roman sejarah akan dilakukan secara virtual," adik Marcella Zalianty ini menambahkan.

 

5 dari 5 halaman

Gelar Webinar

Masih dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Bela Negara, panitia juga menggelar webinar live virtual Hari Bela Negara dengan pembicara utama Prof Jimly Assiddiqie, SH, sejarawan LIPI, DR Asvi Warman Adam LIPI, dan Prof Anhar Gonggong.

Acara ini akan dibuka Kepala Perpustakaan Nasional RI, didahului laporan Olivia Zalianty selaku Ketua Yayasan Generasi Lintas Budaya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.