Sukses

Pongki Barata Curhat Karyanya Dicuri dan Dikomersilkan oleh Seseorang

Pongki Barata mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati ketika melakukan cover lagu milik orang lain.

Liputan6.com, Jakarta - Pongki Barata baru saja mengalami kejadian kurang mengenakkan berkaitan dengan karyanya. Pongki Barata mengaku karyanya dicuri oleh seseorang.

Meski tak menyebutkan namanya, Pongki Barata mengatakan bahwa karyanya itu diunggah ke salah satu platform musik digital. Hal itu disampaikan Pongki Barata melalui unggahan di Twitter-nya pada Minggu (15/11/2020).

"Cuman mau cerita aja, salah satu lagu saya, yg di cover oleh teman youtube cover (yg saat itu blm urus lisensinya), di ‘curi’ dan dimasukkan ke spotify," tulis Pongki Barata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menghasilkan

Lebih lanjut, Pongki Barata mengatakan bahwa karya yang dicurinya itu bahkan sudah menguntungkan orang tersebut. Sementara bagi Pongki Barata dan seorang yang mengcover lagu Pongki secara resmi dan berizin justru tidak mendapatkan keuntungan apa pun.

"Sudah menghasilkan, tnp saya dan tmn yg cover itu mendptkan apa apa.:)" sambungnya.

3 dari 4 halaman

Hati-hati

Terakhir, Pongki Barata mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati ketika melakukan cover lagu milik orang lain, "So guys, jgn asal cover ya, please," tutupnya. 

4 dari 4 halaman

Izin

Menanggapi twit Pongki Barata, banyak warganet setuju dan membahas soal izin dan hak cipta sebuah lagu.

"Pling ga harus ijin dulu ya mas biar sama2 tahu. Tp apa pihak spotify tdk mnlusuri dulu y mas udah ada ijin apa blm," tulis @awan_chelseafc.

"Dicheck data yg rilisin itu mas, nanti bisa report aja ke spotifynya," timpal @boykevh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.