Sukses

Aktor Legendaris India Soumitra Chatterjee Meninggal Dunia karena Corona Covid-19

Soumitra Chatterjee meninggal karena komplikasi Corona Covid-19 pada Minggu (15/11/2020).

Liputan6.com, Mumbai - Aktor legendaris Bollywood Soumitra Chatterjee mengembuskan napas terakhir setelah berjuang melawan Covid-19 yang menyerangnya. Dilansir dari AP News, Senin (16/11/2020), berita duka ini dikabarkan oleh putri sang aktor, Poulami Bose. 

Soumitra Chatterjee meninggal karena komplikasi Corona Covid-19 pada Minggu (15/11/2020) kemarin di sebuah rumah sakit di Kolkata, Bengal Barat. Di rumah sakit ini pula ia dirawat, sejak dinyatakan positif Corona Covid-19 pada awal Oktober 2020. 

Soumitra Chatterjee berpulang di usia 85 tahun, dengan meninggalkan istri serta satu anak laki-laki dan perempuan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dibantu Ventilator

BBC melaporkan bahwa Soumitra Chatterjee sempat mendapat hasil negatif beberapa minggu setelah masuk rumah sakit. Namun, kondisinya memburuk dengan cepat. Minggu terakhir bulan Oktober, ia bahkan sudah harus dibantu dengan ventilator untuk bernapas.

 

3 dari 5 halaman

Penyiar Radio, Aktor, hingga Pujangga

Soumitra Chatterjee merajut karier di dunia sinema berbahasa Bengali sepanjang enam dekade hidupnya. Sebelum memulai karier pada 1959, Soumitra Chatterjee bekerja sebagai penyiar di All India Radio, Kolkata. 

Selain itu, ia juga dikenal sebagai penulis naskah teater dan pujangga. 

4 dari 5 halaman

Legenda Perfilman

Sepanjang hidupnya, ia tampil di sekitar 300 judul film. Tapi yang paling dikenal adalah kerja samanya dengan Ray, salah satu sutradara terkenal di India. Hasil karya mereka seperti Apur Sansar, Aranyer Din Ratri, Ghare Baire, dan Ganashatru bahkan mendapat pengakuan internasional.

Tahun 2012, Soumitra Chatterjee diberikan penghargaan Dada Saheb Phalke Award, penghormatan tertinggi di dunia sinema India. Pada 2017, ia menjadi tokoh film India pertama yang dianugerahi Ordre des Arts et des Lettres, penghargaan tertinggi Prancis untuk seniman. 

5 dari 5 halaman

Aktif di Usia Senja

Di usia 85 tahun, Soumitra Chatterjee masih aktif bermain film. Bahkan kini masih ada sejumlah filmnya yang antre untuk ditayangkan. Pada sebuah wawancara tahun 2016, Soumitra Chatterjee mengungkap alasannya masih aktif berakting di usia senja. 

"Aku punya ketakutan: Kalau aku tak kerja, aku tak ada," tuturnya kala itu.

Selamat jalan sang legenda, warisanmu abadi sepanjang masa. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.