Sukses

Profil Chadwick Boseman, Dipecat dari Opera Sabun hingga Jadi Raja Wakanda

Bukan Black Panther, pada awalnya Chadwick Boseman justru ikut audisi untuk memerankan karakter superhero Marvel lain.

Liputan6.com, Los Angeles - Seorang tamu spesial datang menghadiri upacara wisuda Howard University pada 2018 lalu: Chadwick Boseman. Rupanya, Chadwick Boseman adalah lulusan dari universitas, yang secara tradisi merupakan tempat menimba ilmu bagi masyarakat kulit hitam AS.

Kala itu sang bintang Black Panther disambut antusias oleh para mahasiswa. Terlihat dari unggahan di akun YouTube universitas ini, salah satu mahasiswa bahkan memamerkan kaos bertuliskan "Howard adalah Wakanda kita."

Chadwick Boseman tak hanya menerima gelar kehormatan dari kampusnya, ia juga menceritakan kisah hidupnya saat memberikan pidato di atas podium.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pemain Opera Sabun

Pria bernama lengkap  Chadwick Aaron Boseman ini menceritakan pengalamannya dalam meniti karier di Hollywood. Sebagai pendatang baru, kala itu ia girang bukan kepalang saat mendapat peran dalam sebuah opera sabun. 

"Aku merasa seperti Tyson, yang memukul KO lawannya di ronde pertama," tuturnya kala itu.

3 dari 7 halaman

Dipecat dari Opera Sabun

Namun setelah menerima naskah dan syuting dua episode pertamanya, pria 43 tahun ini merasa bimbang. Pasalnya, perannya sebagai sosok yang terlibat geng dan dari keluarga berantakan. Hal ini ia nilai merupakan stereotip negatif untuk orang kulit hitam.

Di sisi lain, produser acara ini rupanya senang dengan penampilan Chadwick Boseman, dan mengajaknya ngobrol-ngobrol. Dalam kesempatan itu, sang aktor menuangkan keresahannya. Namun ia justru mendapat kabar buruk keesokan harinya. 

"Aku dikeluarkan dari proyek ini, sehari setelahnya," tutur Chadwick Boseman.

4 dari 7 halaman

Tak Patah Semangat

Namun kejadian ini tak membuatnya patah arang. Dari serial TV, Chadwick Boseman mulai merambah ke layar lebar lewat film The Kill Hole, 42, Draft Day, hingga memerankan penyanyi legendaris James Brown dalam Get on Up.

Namun perannya yang paling ikonis, sudah jelas sebagai T'Challa, sang Black Panther sekaligus Raja Wakanda.

5 dari 7 halaman

Audisi Drax

Lucunya, pada awalnya ia justru menjalani audisi untuk karakter superhero Marvel lain. Hal ini ia ungkap saat menjadi bintang tamu dalam acara talk show Jimmy Fallon.

"Katanya kamu awalnya ikut audisi untuk superhero Marvel lain?" tanya Jimmy Fallon.

"Ya betul. Drax," kata Chadwick, menyebut karakter dalam Guardians of the Galaxy yang dimainkan Dave Bautista.

6 dari 7 halaman

Dilirik Marvel

Meski tak lolos, tapi dari audisi ini, rupanya ia mulai dilirik oleh Marvel Studios. "Kadang beginilah pekerjaan sebagai seorang aktor. Kamu [ikut audisi] dan tak tahu apa akan mendapatkannya, tapi kemudian bertemu dengan orang yang mungkin berpikir, 'Dia [tak cocok] di sini, tapi kita bisa menempatkannya di yang lain'," kata Chadwick Boseman.

Seperti diketahui, Chadwick Boseman telah muncul dalam empat film Marvel. Dari Captain America: Civil War, Avengers: Infinity War, Avengers: Endgame, dan tentu saja Black Panther.

7 dari 7 halaman

Syuting Saat Sakit Kanker

Ia juga aktif mengambil peran selain selain di film-film Marvel, bahkan saat sakit. Dalam pernyataan resmi tentang kematian sang aktor, terungkap bahwa ia menjalani syuting Marshall, Da 5 Bloods, hingga Ma Rainey's Black Bottom, saat menjalani pengobatan atas kanker kolon yang dideritanya. 

Ia didiagnosis sakit kanker kolon stadium tiga sejak 2016, tapi penyakitnya ini bertambah parah menjadi staidium empat. 

Chadwick Boseman akhirnya meninggal dunia pada Jumat (28/8/2020) di Los Angeles. Ia mengembuskan napas terakhir dengan didampingi sang istri, Taylor Simone Ledward.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.