Sukses

6 Fakta Siti Fauziah alias Bu Tejo: Dari Muka Enggak Terkontrol Sampai One Take Oke Film Tilik

Viralnya Bu Tejo membuat warganet beramai-ramai mencari Siti Fauziah, aktris yang sukses memerankan karakter tersebut. Seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta Selain Adhisty Zara, yang ramai dibahas warganet sepanjang pekan ini tentu saja karakter Bu Tejo dalam film Tilik. Karakter Bu Tejo, penggunjing yang hobi pamer diperankan oleh Siti Fauziah.

Film Tilik yang dirilis di kanal YouTube Ravacana Films dalam waktu kurang dari seminggu ditonton 8 juta kali. Warganet beramai-ramai menggali informasi seputar sosok Siti Fauziah.

Laporan khas Showbiz Liputan6.com akhir pekan ini menampilkan 6 fakta Siti Fauziah alias Bu Tejo. Ini soal perjalanan karier, kehidupan rumah tangga, dan mimpi yang belum tercapai dari seorang Siti Fauziah. Simaklah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tiga Kali Bareng Hanung

Pernah mendapat beasiswa keaktoran dari Teater Garasi pada 2008, Siti Fauziah merintis karier sebagai pemeran pendukung sejumlah film terpuji. Ia kali pertama muncul di Mencari Hilal yang dibintangi Deddy Sutomo dan Oka Antara.

“Setelah itu saya tiga kali diarahkan Mas Hanung Bramantyo di film Talak 3, Bumi Manusia, dan Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta,” Siti Fauziah membeberkan.

3 dari 7 halaman

2. Muka Enggak Terkontrol

Syuting film Tilik menyisakan banyak kenangan yang membekas di benak Siti Fauziah. Kali pertama di lokasi syuting, Siti Fauziah yang “kerasukan” Bu Tejo nyinyir hingga bibir dan raut mukanya tak terkontrol.

“Saya terlalu fokus ke dialog, nyinyir ala Bu Tejo, lalu muka enggak terkontrol sampai ditegur sutradara. Dia bilang: Karakter penggosip ini harus dibangun dan ditata agar terasa klimaksnya dalam film,” kenang Siti Fauziah.

4 dari 7 halaman

3. Riset Penggosip

Mengapa Siti Fauziah bisa tampil natural hingga tampak menyatu dengan tokoh Bu Tejo? Rupanya, tiap kali menerima naskah, Siti selalu membedah karakter, memetakan hububungan tokoh yang dimainkannya dengan yang lain. Selain itu, ia punya kebiasaan mengamat-amati orang di sekelilingnya.

“Saat mendalami Bu Tejo, saya membatin: Wah Bu Tejo ini mirip si anu. Lalu saya memanggil ingatan soal si anu ini untuk menghidupkan Bu Tejo di depan kamera,” cerita Siti. Hasilnya, bisa kita saksikan di Tilik.

5 dari 7 halaman

4. One Take Ok!

Ada banyak adegan ikonis di film Tilik. Dua di antaranya, adu mulut antara Yu Ning dan Bu Tejo di bak truk. Kedua, saat truk dihentikan polisi. “Iki keadaannya darurat, mbok tolong to, Pak. Nuraninya itu lo dipakai, Pak. Empatinya, Pak. Ya Allah!” jerit Bu Tejo. 

Omelan berkecepatan tinggi ini ternyata sekali rekam gambar langsung beres alias one take ok. Siti Fauziah beropini bukan ia yang hebat tapi sineas Wahyu Agung Prasetyo. “Agung menempatkan diri sebagai teman bukan sutradara yang mengomando para wayang,” ujarnya.

 

6 dari 7 halaman

5. Seorang anak Laki-laki

Tak banyak yang bisa dikulik dari kehidupan pribadi Siti Fauziah. Menilik akun Instagram @ozie_zie miliknya, Siti Fauziah telah menikah dengan Suryo Wiyogo. Rumah tangga keduanya dikaruniai seorang anak laki-laki berusia 6 tahun. Beberapa kali Siti Fauziah membagikan momen bersama suami dan anak. Siti melayangkan kekagumannya pada sang suami.

Kalau (anak) nglilir tengah malem yang dicari si ayah, bukan si ibu. Sungguh berkah karena saya bisa melanjutkan mengorok dan ndelehke sikil. Terima kasih ayah. Engkau memang ayah siaga,” tulisnya pada 1 Maret 2020.

7 dari 7 halaman

6. Incar Joko Anwar

Masih ada satu cita-cita yang ingin diwujudkan Siti Fauziah sebagai aktris, yakni kolaborasi dengan Joko Anwar. “Saya sudah beberapa kali dengan Mas Hanung. Ke depan ingin sekali diarahkan Joko Anwar,” kata Siti.

“Saya mengaguminya sejak menonton Janji Joni, yang dibintangi Mariana Renata dan Nicholas Saputra. Sebagai sineas ia memiliki sudut pandang unik dalam bercerita lewat film,” Siti menyanjung. Akankah mimpinya terwujud?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.