Sukses

Joko Anwar Ingatkan Tugas Besar Saat Bioskop Buka Lagi di Tengah Wabah Covid-19

Sempat muncul isu bioskop dibuka Agustus 2020. Joko Anwar ingatkan tugas besar untuk membangkitkan film Indonesia usai wabah Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta “Soal kabar bioskop akan dibuka lagi Agustus 2020 saya malah belum dengar,” ungkap Joko Anwar saat berbincang dengan Showbiz Liputan6.com melalui sambungan telepon baru-baru ini.

Hingga artikel ini disusun, bioskop di Indonesia belum dibuka akibat pandemi Corona Covid-19 yang melanda Tanah Air sejak kasus pertama ditemukan Maret 2020. Joko Anwar berharap wabah segera berlalu. 

Sebelum itu terwujud, Joko Anwar mengingatkan satu hal penting yang harus dicapai masyarakat dan pemerintah dalam waktu dekat, yakni membuat grafik kasus infeksi Covid-19 melandai.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pekerjaan Rumah Terbesar

“Pekerjaan rumah terbesar Indonesia saat ini membuat kurva kasus infeksi Corona Covid-19 melandai dulu. Masyarakat harus sabar dan disiplin menerapkan protokol kesehatan dimulai dari hal sederhana seperti menggunakan masker saat di luar rumah,” ulas Joko Anwar.

Lalu, menerapkan jaga jarak fisik. Pejabat memberi contoh jaga jarak fisik termasuk pakai masker. Selain itu, negara harus punya manajemen krisis. Pekerjaan rumah berikutnya, memulihkan industri.

3 dari 5 halaman

50 Juta Tiket

Mengingat, wabah Covid-19 berdampak ke semua sektor industri termasuk film. Wabah mendera ketika kepercayaan masyarakat terhadap film Indonesia sedang tinggi-tingginya.

“Tahun 2019, film Indonesia menjual lebih dari 51 juta tiket di bioskop. Sebelumnya, pada 2018, juga terjual sekitar 50 juta tiket. Ini angka besar yang patut diapresiasi,” beber Joko Anwar.

4 dari 5 halaman

Kabar yang Saya Dengar...

Meyakinkan publik bahwa bioskop aman setelah pandemi bukan perkara gampang namun tak mustahil dilakukan. Hal lain yang dilakukan Joko Anwar belakangan ini, memperbarui informasi seputar vaksin.

Sama seperti pencinta film lainnya, Joko Anwar pun merindu bioskop. “Kabar yang saya dengar vaksin Covid-19 siap sekitar awal 2021,” cetus sutradara Pengabdi Setan dan Gundala.

5 dari 5 halaman

6 Sampai 12 Bulan

Mengembalikan kepercayaan publik terhadap bioskop pascapandemi butuh waktu. Tak hanya sehari dua hari, Joko Anwar memproyeksikan jaringan bioskop butuh waktu berbulan-bulan.

“Bisa jadi butuh waktu 6 sampai 12 bulan setelah vaksin didistribusikan kepada masyarakat. Kita harus tetap optimistis bahwa film Indonesia bisa bangkit usai pandemi,” pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Joko Anwar adalah seorang sutradara, penulis skenario, dan produser berasal dari Indonesia
    Joko Anwar adalah seorang sutradara, penulis skenario, dan produser berasal dari Indonesia

    Joko Anwar

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19