Sukses

Amitabh Bachchan Terinfeksi Corona Covid-19, Simak 6 Akting Terbaiknya

Liputan6.com, Jakarta - Bukan lagi dewa akting, Amitabh Bachchan adalah legenda hidup dengan kualitas akting teruji oleh waktu. Ia turut membuka jalan agar penerusnya punya peluang ke Hollywood.

Kabar terkini, Amitabh Bachchan tengah berjuang melawan Corona Covid-19. Para penggemar aktor lintas dekade ini mengirim doa dan semangat untuk sang aktor.

Showbiz Liputan6.com mengajak Anda mengilas balik performa Amitabh Bachchan yang mengesankan. Harap dicatat, Amitabh Bachchan membintangi lebih dari 200 film. Memilih 6 performa terbaiknya jelas tidak gampang. Semoga Anda berkenan.

2 dari 7 halaman

1. Sholay (1975)

Pertama, mari terbang dengan mesin waktu ke dekade 1970-an. Sholay yang dirilis pada 1975, mempatkan Jai (Amitabh Bachan) dan Veeru (Dharmendra) sebagai penjahat kelas kakap yang dipekerjakan polisi untuk tugas khusus. Di era klasik, Sholay pemegang rekor film yang bertahan paling lama di bioskop.

Sholay diklaim sebagai film terlaris sepanjang sejarah sinema India (jika dihitung berdasarkan inflasi). Di ajang FilmFare Awards 2005, karya sineas Ramesh Sippy ini digelari Film India Terbaik dalam setengah abad terakhir. Jangan ngaku fans Pak Bachchan kalau belum menonton Sholay.

3 dari 7 halaman

2. Mahaan (1983)

Bayangkan, seorang aktor memerankan tiga karakter berbeda latar belakang dalam satu film. Jelas bukan sembarang aktor yang mampu melakukannya. Amitabh Bachchan dengan brilian memerankan Amit, Rana Ranveer, dan Guru sekaligus Inspektur Shankar.

Dirilis pada 1983, Mahaan merupakan film ulang buat resmi Shankar Guru yang dibintangi Rajkhumar (1978). Tak Berjaya di festival tapi keberanian Amitabh Bachchan memerankan tiga tokoh panen pujian.

 

4 dari 7 halaman

3. Mohabbatein (2000)

Membahas Amitabh Bachchan rasanya tidak afdol jika tak menyebut Mohabbatein. Inilah film dengan pendapatan kotor tertinggi di milineum baru. Mengeruk 2,9 juta dolar AS atau sekitar 40 miliar rupiah pada pekan pertama penayangan.

Menggemparkan, lantaran akting Amitabh Bachchan diadu dengan Pangeran Perfilman Bollywood, Shahrukh Khan. Dua aktor dari dua benerasi ini dinobatkan sebagai Aktor Terbaik dan Aktor Pendukung Terbaik di ajang FilmFare Awards ke-46.

5 dari 7 halaman

4. Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001)

Ledakan Mohabbatein menempatkan duet maut Amitabh Bachchan dan Shahrukh Khan di bawah lampu sorot. Keduanya bertemu lagi di megaproyek Kabhi Khushi Kabhie Gham. Proyek akbar ini juga dimeriahkan Kajol, Kareena Kapoor, dan Rani Mukerji.

Dari peredaran di seluruh dunia, Kabhi Khushi Kabhie Gham membukukan pendapatan kotor 29 juta dolar AS (405 miliar rupiah) sekaligus menempatkannya sebagai salah satu film terlaris Amitabh Bachchan. Wow!

6 dari 7 halaman

5. Black (2005)

Performa kedua pemain Black, sukses mencuri hati khalayak,” tulis seorang kritikus film. Black salah satu bukti autentik performa terbaik Amitabh Bachchan seumur hidupnya. Ia memerankan Debraj Sahai, guru pembawa cahaya harapan bagi Michelle (Rani Mukerji), gadis bisu-tuli yang frustrasi.

Beda generasi tak membuat chemistry keduanya berjarak. Memborong lebih dari 50 piala di berbagai festival, tak heran jika majalan Time menyebut Black sebagai satu dari 10 film terbaik sejagat di 2005. 

7 dari 7 halaman

6. The Great Gatsby (2013)

Bersanding dengan megabintang Hollywood, Leonardo DiCaprio, tak membuat Amitabh Bachchan gugup. Performanya yang tenang dan effortless mampu mengimbangi polah DiCaprio yang meletup-letup. Bachchan kebanjiran pujian media Amerika.

Ia mengirim performa mengagumkan. Tampil dalam adegan single, Amitabh Bachchan sukses menjadi penjudi flamboyan bernama Meyer Wolfsheim,” tulis Variety. Hanya Amitabh Bachchan yang bisa setenang ini.