Sukses

Golden Globes Ikuti Jejak Piala Oscar dan BAFTA, Diundur Dua Bulan

Liputan6.com, Los Angeles - Wabah Corona Covid-19 ternyata juga mengacak-acak jadwal perhelatan Golden Globes. Dilansir dari Variety, Selasa (23/6/2020), ajang penghargaan bergengsi tersebut diundur hampir dua bulan.

Biasanya, Golden Globes digelar pada hari Minggu pertama bulan Januari. Tanggal baru perhelatan Golden Globes adalah pada 28 Februari 2021. Artinya, ajang penghargaan ini akan digelar delapan minggu sebelum Piala Oscar 2021.

The Hollywood Foreign Press Association (HFPA) mengumumkan penundaan perhelatan Golden Globes pada Senin pagi waktu setempat.

2 dari 5 halaman

Format Acara

"Untuk mengakomodasi produksi film dan televisi domestik maupun internasional, HFPA akan menyediakan tuntunan lebih lanjut mengenai kelayakan, periode voting, dan merevisi waktu pelaksanaan dalam beberapa minggu ke depan," begitu pengumuman organisasi ini.

HFPA juga belum mengumumkan seperti apa format acara ini nantinya. Namun Golden Globes 2021 akan digelar di Beverly Hilton, Beverly Hills, California, Amerika Serikat dan disiarkan secara langsung oleh NBC.

3 dari 5 halaman

Pengaruh Golden Globes

Satu hal yang bisa dicatat, tanggal pelaksanaan Golden Globes 2021 versi baru ini, adalah jadwal perhelatan Piala Oscar sebelum diubah. Jadwal pelaksanaan Piala Oscar yang lama, telah ditentukan pada 2017.

Dengan tanggal baru ini, diperkirakan hasil pemenang Golden Globes 2021 bisa mempengaruhi nominasi Piala Oscar. Pasalnya, pemungutan suara untuk hal ini baru dimulai pada 5 Maret 2021.

 

4 dari 5 halaman

Revisi Jadwal

Seperti diberitakan sebelumnya, Piala Oscar 2021 diundur dua bulan. Tanggal baru perhelatannya adalah 25 April 2021.

Voting untuk menentukan shortlist ikut mundur menjadi tanggal 1-5 Februari 2021, diikuti voting nominasi pada 5-10 Maret, dan pemungutan suara final pada 15-20 April 2021. Pengumuman nominasi Piala Oscar akan digelar pada 15 Maret tahun depan.

 

5 dari 5 halaman

BAFTA

Tak lama setelah pengumuman dari penyelenggara Piala Oscar keluar, keluar pemberitahuan bahwa BAFTA pun ikut diundur. Ajang perhargaan film tertua di Inggris Raya ini akan digelar tepat dua minggu sebelum Oscar, yakni 11 April 2021.