Sukses

6 Potret Jadul Tokoh Indonesia Saat Wisuda, Ada Rossa Sampai Najwa Shihab

Liputan6.com, Jakarta Najwa Shihab rupanya tergerak untuk menyemangati para lulusan angkatan 2020 yang mesti melewati momen wisuda berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Ya, karena pandemi Corona Covid-19, prosesi wisuda di banyak universitas kini dilakukan secara online atau bahkan ditiadakan.

Untuk menghibur hati wisudawan dan wisudawati, Najwa Shihab menantang sejumlah tokoh Indonesia untuk mengunggah foto wisuda mereka.

Ia memulai tantangan ini dengan mengunggah foto wisudanya sendiri.

Najwa Shihab menekankan ia menginisiasi hal ini bukan untuk membuat kalangan yang kerap dijuluki "angkatan wisuda LDR" ini jadi iri.

"Saya posting foto wisuda lawas ini bukan untuk bikin adek2 angkatan 2020 sedih karena gak bisa wisuda secara fisik, justru sebaliknya. Ini ajakan untuk kakak-kakak lulusan sebelum 2020 yang pernah merasakan wisuda fisik utk kasih pesan semangat utk adek-adek lulusan 2020 sambil nostalgia," tutur Najwa Shihab.

Jadi, seperti apa foto jadul yanng diunggah para public figure Tanah Air? Berikut di antaranya:

2 dari 7 halaman

1. Najwa Shihab

Mengingat tantangan ini dimulai Najwa Shihab, tentu saja ia harus disebut paling dulu. Najwa mengunggah beberapa foto wisuda, termasuk bersama teman-teman yang lulus seangkatan dengannya.  

3 dari 7 halaman

2. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo langsung menjawab tantangan Najwa Shihab dengan mengunggah foto wisuda dengan toga. Ia juga memberi semangat untuk mereka yang lulus pada tahun ini. 

Seperti Najwa, Dian menekankan unggahan ini tak bermaksud untuk membuat mereka iri. 

"Barengan sama mbak @najwashihab dan kakak2 lulusan sebelum 2020 yg pernah ngerasain wisuda secara fisik lainnya, saya mau menyemangati adek2 lulusan 2020, dan semoga melihat timeline dengan foto2 wisuda tahun2 lalu, rasanya kurang lebih jadi kaya lagi ada di acara wisuda di kampus. Sekalian kita juga jadi bernostalgia," tulisnya. 

4 dari 7 halaman

3. Afgan

Afgan rupanya langsung teringat dengan kerja kerasnya menyelesaikan tugas akhir untuk lulus dari Monash University. 

Ia menulis, "#kilasbalik ke 2013, setelah 2,5 tahun, aku akhirnya bisa lulus dari Monash University. Salah satu momen yang paling kubanggakan! Menengok ke belakang, aku tak percaya ini sudah 7 tahun yang laluuu!!" tuturnya dalam bahasa Inggris. 

5 dari 7 halaman

4. Sandiaga Uno

Setelah ngubek-ngubek koleksi fotonya, Sandiaga Uno akhirnya menemukan potretnya saat diwisuda. 

"Foto ini diambil ketika saya diwisuda dari George Washington University, di Washington D.C pada tahun 1992, saat saya menyelesaikan pendidikan master di bidang keuangan dan investasi," tulisnya.

Ia menceritakan bahwa wisuda dilakukan di pelataran taman di depan Gedung Putih, karena letak universitas yang dekat dengan kediaman resmi Presidan AS.  

6 dari 7 halaman

5. Rossa

Rossa menceritakan perjuangannya untuk bisa mengenakan toga. Ia bercerita ia mengerjakan skripsi di tengah krisis moneter akhir tahun 90-an hingga awal 2000-an. Kala itu, ia belum memiliki laptop. 

"Pas bikin skripsi, datanya disave di disket, trus disketnya patah karena ditaro dlm tas. Jadinya harus bikin ulang," tuturnya, dilengkapi emotikon tangis. 

"Dear adik2 angkatan 2020, semangat ya semuanya! Meski dalam semua kesulitan, tapi kalian spesial dan pastinya ketika kalian sukses nanti, kalian akan menengok kebelakang mengingat saat ini, dan tersenyum," kata dia memberi semangat. 

7 dari 7 halaman

6. Tasya Kamila

Sebelum lulus jenjang S2 Columbia University, Tasya Kamila lulus dengan predikat cumlaude di program S1 Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Tasya membagikan secuplik kenangan manisnya saat wisuda S1 pada awal 2014 silam.

"Justru yang paling berkesan dan aku inget sampe sekarang adalah ngeliat orang tua senyum bahagia, bangga sama kita. Alhamdulillah masih ada Papa ketika aku menyelesaikan S1," kata dia. 

Ia juga membagikan semangat untuk angkatan Wisuda LDR 2020. 

"Jadi, jangan cedih ya seremoni wisuda kalian berbeda tahun ini. Yang penting, abadikan momen bersama orang-orang tersayang, yang pastinya bangga dengan prestasimu."