Sukses

Cokelat Band dan Beberapa Musisi Mempersembahkan Lagu Ini untuk Pejuang Medis Covid-19

Cokelat Band ingin memberikan sebuah persembahan dari mereka yang dikhususkan untuk para pejuang medis di Indonesia dalam bentuk sebuah karya.

Liputan6.com, Jakarta - Cokelat Band turut merasakan keresahan yang dialami oleh para tenaga medis yang bekerja menangani wabah Corona Covid-19 di Indonesia. Cokelat Band tahu betul bagaimana perjuangan tenaga medis yang harus tetap terus berjuang keras menaklukkan pandemi ini dengan segala tantangannya.

Cokelat band menyadari bahwa tidak sedikit dari tim medis kita yang ikut terjangkit bahkan sampai meninggal dunia ketika menangani para penderita Covid-19. Bahkan yang memilukan, beberapa di antara mereka mendapat perlakuan tidak baik, para perawat yang diusir atau tidak diterima kembali di rumah-rumah kontrakan dan kost-kost-an karena dianggap bisa membawa virus tersebut ke lingkungan tempat tinggal mereka.

Berangkat dari situ, Cokelat Band ingin memberikan sebuah persembahan dari mereka yang dikhususkan untuk para pejuang medis di Indonesia dalam bentuk sebuah karya. Cokelat Band menuangkannya melalui sebuah lagu nasional "Bagimu Negeri" yang diaransemen ulang.

“Atas hal tersebut.. terbesit dalam diri saya untuk bergerak, #kreatifdirumah berkreasi guna memberikan semangat kebersamaan dan antusias positif kepada bangsa Indonesia. Saya memilih lagu ‘Bagimu Negeri’ ciptaan Kusbini untuk kami aransemen ulang," kata Edwin Marshal, gitaris Cokelat Band kepada Showbiz Liputan6.com, pada Senin (13/4/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Alasan Pemilihan Lagu

Ada alasan tersendiri mengapa Cokelat Band memilih lagu ini untuk dipersembahkan kepada para tenaga medis. Menurutnya, lagu tersebut memiliki makna besar tentang sebuah pengabdian di tengah pandemi Corona Covid-19.

"Lagu ini punya makna besar dalam menggambarkan pengabdian semua rakyat Indonesia khususnya para tim medis dalam berbakti kepada Ibu Pertiwi,” lanjutnya.

 

3 dari 5 halaman

Penggalangan Dana

Tak hanya itu saja, Cokelat band juga menginisiasi penggalangan dana untuk membantu para tim medis dalam memenuhi kebutuhan logistik.

“Kita semua sedang berdiam diri di rumah, tapi sadarkah kalau di luar sana ada sosok-sosok yang mempertaruhkan nyawa untuk memerangi virus ini? Dan mereka ada di garda terdepan…! Pertanyaan ini yang membuat Cokelat tergerak untuk berpartisipasi membantu mereka. Kami tahu kalau di garda depan sana, pasukan medis kita butuh logistik yang selain langka juga sangat membutuhkan biaya. Kami tergerak untuk menggalang dana, karena hanya itu yang bisa kami lakukan. Kami tak mau hanya tinggal diam,” papar Ronny Febry Nugroho, pembetot bass COKELAT.

 

4 dari 5 halaman

Mereka yang Terlibat

Berkaitan dengan persembahan lagu “BAGIMU NEGERI” tersebut, COKELAT juga mengajak teman-teman seniman untuk ikut memberikan andil, memberi penghargaan dan dukungannya dari rumah, yang dirangkum menjadi dua seri video untuk bernyanyi dan bermusik pada lagu ‘Bagimu Negeri’.

Selain personel Cokelat, yakni Edwin Marshal Sjarif, Ronny Febry Nugroho, Ernest Ferdiyan Syarif, dan Axel Andaviar, kolaborasi ini juga melibatkan beberapa artis, musisi, selebriti dan bahkan tim media sendiri. Mereka adalah Aiu Ratna, Nova Rianty, Buluk ‘Superglad’, Oncy ‘Ungu’, Sigit Wardana, Disko Pantera, Rio Febrian, Morgan Oey, Imel ‘Ten2Five’, Gading Marten, Darius Sinathrya, Donna Agnesia, Tanta Arah Music, Andre ‘Siksa Kubur’, Arie Dagienkz, Tara Adia, dan Pia Fellini.

Ada pula Che ‘Cupumanik’, Zefanya Siahaan, Shae, Asmara Abigail, Tantri ‘Kotak’, Briana Simorangkir, Ferdy Tahier “Element’, Deirda Tahier, Sansan ‘Pee Wee Gaskins’, Kin ‘the fly’, Nicky Astria, Nirina Zubir, Wulan Guritno, The Riot Cub, Melody Alcassia, Ovy ‘/rif’, Keisha Andaviar, Ibam Gilbram, Asri Welas, Galih Rahardja, Ibran Gibran, Andy ‘/rif’, Nathania Jualim, Iman ‘JRocks’, Yaya ‘The Winner’, Iga Massardi ‘Barasuara’, Josaphat ‘KILMS’, Lie Andi, Electrooby serta beberapa tim medis yang ikut ‘bersuara’ di sela kesibukan mereka: Anggi Prasetyo, Muhammaf Luthfi Salmi, Adhitua Prawira, Robi Nopal, Wama Indallahi Khair, Nurul Warmati, I Made Wiryawan Adiputra.

5 dari 5 halaman

Instagram Tv dan YouTube

Cokelat Band juga mengajak masyarakat untuk ikut bergerak berdonasi seikhlasnya melalui ke https://kitabisa.com/cokelatlawancorona untuk membantu tim medis Covid-19 mendapatkan perangkat APD yang layak dan aman. Adapun Video kolaborasi Cokelat band ini bisa disaksikan di akun Instagram (dan IGTV untuk versi lengkap) resmi @cokelat_band dan kanal YouTube Cokelat_band Official.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.