Sukses

Jikustik Siap Luncurkan Satu Single per Bulan Sepanjang 2020

Konsep kolaborasi yang diusung Jikustik ini akan melibatkan pihak-pihak yang berkompeten dalam berbagai bidang.

Liputan6.com, Jakarta - Band asal Yogyakarta, Jikustik, berkomitmen untuk meluncurkan single setiap bulan selama Januari 2020 sampai Februari 2021.

Pada Januari lalu, mereka sudah meluncurkan single berjudul "Aku Masih Punya Puisi". Sedangkan, pada 17 Februari 2020, Jikustik kembali menelurkan single kedua berjudul "Hanya Aku yang Merasa".

“Tahun 2020, kami tetapkan sebagai tahun kolaborasi yang menandai kembalinya Jikustik ke industri musik Indonesia,” ujar Dadik, gitaris Jikustik, dalam media gathering di Yogyakarta, Senin (17/2/2020).

Konsep kolaborasi yang diusung Jikustik ini akan melibatkan pihak-pihak yang berkompeten dalam berbagai bidang, antara lain bidang media, produksi musik, produksi video, dan unsur-unsur lain yang terkait dengan sebuah karya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Konser Perak

Band yang digawangi Brian (vokal), Dadik (gitar), Adhit (keyboard), dan Carlo (drum) ini akan merayakan ulang tahun ke-25 pada 26 Februari 2021. Mereka berencana menyelenggarakan konser perak dengan materi-materi yang dikumpulkan sejak awal 2020.

Jikustik berkolaborasi dengan sastrawan Agus Noor dalam single "Aku Masih Punya Puisi". Judul single itu dikutip dari rangkuman sajak Agus Noor yang terdapat dalam buku Barisan Tanpa Nama.

3 dari 5 halaman

Kembali ke Era 2000-an

“Dari hasil diskusi dengan Agus Noor yang meminta kami sekali-sekali bikin lagu dengan lirik yang puitis, tidak melulu lugas, dan kami minta dibantu, setiap baris lirik yang saya bikin, saya konsultasikan dengannya,” ucap Dadik.

Dari sisi aransemen, lagu ini mengingatkan pendengar dengan musik Jikustik era 2000-an. Lagu yang bercerita tentang orang yang bertahan dalam kehilangan ini juga berkolaborasi dengan Tyo Adrian yang pernah menjadi produser album Malam karya Jikustik.

4 dari 5 halaman

Brian Bermeditasi

Vokalis Jikustik, Brian, mengaku membutuhkan waktu untuk bermeditasi sebelum membawakan single "Aku Masih Punya Puisi". Ia menilai, lirik single ini bukan hal yang biasa dan tidak lugas karena banyak ungkapan dan perumpamaan.

“Ya itu yang saya lakukan jadi bisa menghayati lirik lagu ini,” tuturnya.

Menurut Brian, konsep kolaborasi merupakan hal baru bagi Jikustik. Terlebih, merilis satu single per bulan menjadi tantangan baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

5 dari 5 halaman

Optimis

Meskipn demikian, ia optimistis Jikustik bisa melewati tantangan ini. Mereka memiliki manajemen solid yang membantu merealisasikan konsep baru ini.

Saat ini, Jikustik sudah menyiapkan enam single yang akan diluncurkan per bulan. Band ini juga masih membuka diri untuk berkolaborasi dengan siapa pun yang ingin berkarya bersama. (Switzy Sabandar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.