Sukses

Agnez Mo dan 6 Reaksinya Soal Kontroversi Tak Punya Darah Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Polemik mengenai pernyataan Agnez Mo bahwa dirinya tak berdarah Indonesia dalam wawancara program Build Series di Amerika Serikat, masih menjadi pembahasan masyarakat di Tanah Air.

Bahkan setelah Agnez Mo menyampaikan klarifikasi, komentar-komentar negatif kepada penyanyi bernama asli Agnes Monica itu masih terus bermunculan.

Setelah polemik mengenai darah Indonesia ini muncul ke permukaan, Agnez Mo langsung menyampaikan berbagai tanggapan kepada publik baik di media sosial maupun vlog artis lain.

2 dari 11 halaman

Awal Mula

Polemik ini bermula ketika Agnez Mo menjadi tamu wawancara program Build Series di New York City, Amerika Serikat. Kepada pemandu acara Kevan Kenney, Agnez Mo awalnya menjelaskan soal masyarakat Indonesia yang majemuk.

"Ini menjadi bagian dari diriku. Ini bukan hanya sebuah representasi budaya, tapi juga tapi juga budaya yang sifatnya inklusif," ujar Agnez Mo, dalam video utuh wawancara yang diunggah di akun Build Series, Jumat (22/11/2019) lalu.

3 dari 11 halaman

Menerima Apa Adanya

Sang pewawancara kemudian bertanya-tanya, mengenai sosok Agnez Mo yang menurutnya berbeda dari orang Indonesia pada umumnya. "Kamu sedikit berbeda dari orang lainnya ya?" tanya Kevan Kenney.

"Yeah. Aku sesungguhnya [berdarah] Jerman, Jepang, Tionghoa, dan aku hanya lahir di Indonesia," tutur Agnez Mo.

"Aku juga beragama Kristen dan di Indonesia mayoritas adalah muslim jadi aku selalu merasa...aku bukan merasa tempatku tak di sana, karena orang di sana selalu menerimaku apa adanya. Tapi selalu ada perasaan bahwa aku tidak seperti orang lainnya," lanjut Agnez Mo.

4 dari 11 halaman

Memancing Pro dan Kontra

Sayangnya, ucapan Agnez Mo yang mengaku tak memiliki darah Indonesia ini, memancing pro kontra. Banyak warganet yang berkomentar negatif atas ucapan pelantun "NaNaNa" ini.

5 dari 11 halaman

Seperti Apa Tanggapan Agnez Mo?

Lalu, seperti apa tanggapan Agnez Mo ketika polemik tersebut beredar? Yuk kita telusuri kembali beberapa pernyataan sang penyanyi yang sedang berkiprah di Amerika Serikat itu saat menanggapi polemik tentang dirinya.

6 dari 11 halaman

1. Merasa Mewakili Indonesia

Setelah video wawancaranya muncul ke publik, Agnez Mo menuliskan keterangan foto di Instagram. Di situ, awalnya ia bahagia bisa berbagi informasi mengenai Indonesia.

"Aku tumbuh besar dalam kebudayaan yang beragam. Inklusivitas budaya adalah apa yang kuperjuangkan. Bhinneka Tunggal Ika berarti Bersatu dalam Perbedaan. Aku bahagia bila bisa berbagi seseuatu tentang asal dan negaraku," tulis dia.

"Aku akan senantiasa jujur dan menjelaskan kepada dunia bagaimana kaum minoritas sepertiku bisa diberi kesempatan untuk bermimpi dan mengejar mimpinya. Hatiku bungah," kata dia.

Agnez Mo juga menyertakan tagar #indonesiarepresents yang berarti "mewakili Indonesia".

7 dari 11 halaman

2. Merasa Sedih

Setelah banyaknya pro kontra karena pernyataan di wawancara tersebut, Agnez Mo pun mengungkapkan kesedihannya. Musisi Anji kemudian mengunggah tanya jawabnya dengan Agnez Mo di Instagram pada Rabu (27/11/2019).

"Everyone who watches that show knows more about Indonesia, n the reason why is because i ALWAYS bring up that im indonesian (citizen).. kalo aku ga bangga jd orang indonesia, ngapain ak bawa2 terus.. n selalu bring indo traditionalculture?? Sedih aja," katanya kepada Anji.

"Hehe.. padahal ak ngomong soal darahku. Ancestor. Tp justru maksudnya bahwa walaupun aku minority (dan berbeda), tp justru negara Indonesia mengajarkan culture INCLUSIVITY. Bhinneka tunggal ika. Lol. Tp malah disalah artikan...," tulis Agnez Mo lagi.

8 dari 11 halaman

3. Merasa Heran

Agnez Mo kemudian membuka suara lewat sebuah unggahan di Instagram, Rabu (27/11/2019). Pelantun "NaNaNa" ini mengunggah petikan lain video wawancaranya mengenai pengaruh budaya Indonesia kepada karyanya.

"Aku mencoba menyertakan banyak kultur Indonesia dalam musikku atau videoklipku," tuturnya. "Harapanku, aku bisa memperkenalkan budayaku kepada dunia," kata dia menambahkan.

Di keterangan videonya, Agnez Mo heran mengapa orang yang menyebar kutipan wawancaranya tidak menyertakan pernyataannya ini dan justru memelintirnya.

"Mengapa kau tidak memotong dan mengedit bagian ini? Betapa tak tahu malu orang yang hanya ingin menyebarkan kebencian dengan memelintir kata-kata dan maksudku," tutur Agnez Mo dalam bahasa Inggris.

9 dari 11 halaman

4. Merasa Sudah Membela Negara

Agnez Mo juga menjelaskan maksud dari pernyataannya dalam video yang menjadi viral tersebut.

"Yang kukatan semua [bermaksud] baik, bahwa meski aku adalah seorang MINORITAS aku bisa membagikan keragaman luar biasa yang kupelajari di negaraku. Dan aku bisa membaginya di semua wawancaraku (nasional dan internasional)," kata Agnez Mo.

"Aku tidak bisa memilih darah atau DNA-ku, tapi aku akan selalu MEMBELA negaraku, AKU SELALU MELAKUKANNYA, dan TAK ADA ORANG yang bisa merampas ini dariku," sambung bintang sinetron Pernikahan Dini ini.

10 dari 11 halaman

5. Tak Merasa Dendam

Meski kecewa dengan perbuatan orang yang ia anggap telah memelintir kata-katanya, Agnez Mo tak mau memperpanjang masalah ini. Ia justru memilih memaafkan orang-orang yang salah paham soal pernyataannya.

"Untuk orang yang mendukungku, aku mencintai kalian. Untuk orang yang salah paham denganku, aku mencintai dan memaafkanmu. Percayalah, aku tidak punya kemarahan atau dendam kepada kalian," tutur Agnez Mo.

"Untuk para clout chasers, aku mendoakan kalian agar bisa menemukan kedamaian dalam hatimu. Hatiku bungah. Apa pun yang kalian ucapkan, #Indonesia terwakili. #AGNEZMO Love & Forgive," tuturnya.

Ia juga menambahkan tagar yang menyebutkan bahwa alkitab yang mengajarkan tindakannya ini.

11 dari 11 halaman

6. Merasa Tak Perlu Minta Maaf

Dalam vlog podcast Deddy Corbuzier, Agnez Mo sempat mengungkapkan kebingungannya saat mendengar desakan untuk meminta maaf soal ucapannya yang mengaku tak punya darah Indonesia.

"Minta maaf karena saya jujur bahwa saya tidak punya garis keturunan atau minta maaf karena saya mempromosikan Indonesia punya keberagaman? Apa yang harus saya minta maaf?" kata Agnez Mo dalam wawancara bersama Deddy Corbuzier yang ditayangkan di saluran YouTube Deddy, pada Jumat (29/11/2019) malam.

"Iya enggak ada, dan saya enggak mungkin bilang bahwa saya orang Jawa atau saya ada darah Melayu. Karena saya memang tidak punya. Saya tak bisa memilih DNA saya. Tapi, saya selalu bilang saya warga Indonesia," kata Agnez Mo.

Loading
Artikel Selanjutnya
Agnez Mo Kenakan Bra Renda Hitam dan Mantel Tebal dalam Video Terbaru
Artikel Selanjutnya
Rezky Aditya dan 6 Wanita yang Pernah Singgah di Hatinya