Sukses

Ade Fitrie Kirana Ingin Pemilu Jadi Awal Perubahan yang Baik

Pemilu, diungkapkan Ade Fitrie Kirana, tak cukup hanya sekedar menampilkan keberhasilan dari sisi demokratis.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan Umum (Pemilu) yang berlangsung 17 April 2019 lalu, dianggap Ade Fitrie Kirana sebagai awal dari sejarah baru Indonesia.

Untuk pertama kalinya, kata Ade Fitrie Kirana, pemilihan Presiden dan Wakil Presiden digelar berbarengan dengan pemilihan anggota legislatif.

Bintang sinetron Islam KTP SCTV ini kemudian berharap, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan pihak terkait meneruskan sejarah baru tersebut dengan mengawal proses pemilu dengan baik.

"Integritas penyelenggaraan pada semua tahapan Pemilu menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh penyelenggara Pemilu yakni KPU dan Bawaslu. Kedua lembaga ini memiliki peran dan tanggung jawab strategis sekaligus jadi harapan rakyat untuk menghasilkan pemimpin-pemimpin bangsa yang memiliki integritas moral yang baik," kata Ade Fitrie Kirana melalui sambungan telepon di Jakarta, Jumat (19/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemilihan Demokratis Belum Cukup

Pemilu, diungkapkan Ade Fitrie Kirana, tak cukup hanya sekedar menampilkan keberhasilan dari sisi demokratis. Tapi juga harus mengedepankan sisi integritas.

"Mengesampingkan bahkan meniadakan unsur-unsur integritas dalam mekanisme Pemilu mengakibatkan pejabat publik terpilih tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Mengapa demikian, karena saya meyakini bahwa terpilihnya pemimpin dan wakil rakyat nantinya akan berpengaruh kepada siapa yang terpilih ke depannya," tutur perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua PUAN Partai Amanat Nasional (PAN) Jakarta Selatan ini.

3 dari 3 halaman

Perubahan yang Baik

Dia melanjutkan, Pemilu berintegritas harus digaungkan ke berbagai lapisan masyarakat agar masing-masing pendukung pasangan calon bisa memahami lalu menciptakan lingkungan Pemilu yang kondusif.

"Kita harus sama-sama yakini bahwa melalui Pemilu bisa membawa perubahan yang baik, masyarakat menaruh harapan yang besar terhadap Pemilu ini, berharap dengan pemimpin yang baru masyarakat akan menjadi sejahtera, pendidikan serta keamanan bisa terjamin, masyarakat menjadi pintar dan cerdas dan sejumlah harapan lainnya bisa diwujudkan," dia mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini