Sukses

Elma Theana Ingin Pertemukan Ibu yang 46 Tahun Terpisah dengan Anaknya

Elma Theana berniat pertemukan seorang ibu yang terpisah dengan anaknya selama 46 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Elma Theana sangat prihatin dengan sahabat ibunya yang bernama Devi Dewastiati Wasiat alias Dice, yang telah terpisah dengan anaknya selama 46 tahun. Dice berpisah dengan anaknya bernama Laksmi Pamuntjak saat usianya masih tujuh bulan.

Sebagai seorang ibu Elma Theana ia mengaku prihatin dengan apa yang tengah dialami oleh Dice. Terlebih di usia senjanya, Dice hidup sebatang kara tanpa ada yang menemani. Elma Theana ingin Dice bisa bertemu dengan anaknya, yang diakuinya adalah penulis novel Aruna dan Lidahnya.

"Saya posisikan diri sebagai wanita dan memiliki ibu. Jadi ibu Dice ini terpisah dengan anaknya selama 46 tahun. Dia ini sekarang sebatang kara, tidak ada keinginan apa pun, dan hanya ingin bertemu dengan putrinya," kata Elma Theana di kawasan Jl H. Nawi, Jakarta Selatan, Jumat (22/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kronologis

Dice menuturkan, saat itu anaknya yang masih berusia tujuh bulan dipinjamkan untuk dirawat oleh kakak iparnya sebagai pancingan agar bisa memiliki anak. Sebab sudah lima tahun menikah kakak iparnya itu belum juga dikaruniai momongan.

"Saya dipisahkan dengan putri saya sejak ia usia tujuh bulan. Jadi awalnya, putri saya dipinjamkan kepada kakak ipar saya untuk pancingan agar memiliki anak karena sudah lima tahun menikah tidak punya anak," tutur Dice.

Namun sang kakak ipar disebut tidak memulangkan sang anak. Setiap ingin bertemu dengan putrinya Dice mengaku dipersulit, meskipun berbagai cara telah ditempuhnya. 

"Saya tidak tahu kenapa, setiap saya ingin bertemu dengan putri saya justru dipersulit. Itu kan anak saya, saya yang melahirkan, malah saya tidak boleh bertemu," ujar Dice menangis.

"Sudah. Sudah pernah ke Komisi Perempuan dan Komnas Perlindungan Anak tapi dianggap ini sudah peristiwa lama. Saya bingung mau ke mana lagi," kata Dice.

3 dari 3 halaman

Penghilangan Asal Usul?

Ina Rachman selaku pengacara menilai bahwa kasus tersebut bisa saja terjadi karena adanya penghapusan asal-usul. Hal itu yang membuat Dice menjadi sulit diakui Laksmi Pamuntjak sebagai orangtuanya.

"Kemungkinan ada penghapusan asal usul. Jadi Tante Dice ini berjuang sampai sekarang agar putrinya mau mengakui dia adalah ibu kandungnya, cuma itu niatan beliau di usianya yang sudah uzur dan sebatang kara ini," kata Ina Rachman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.