Sukses

Lindswell Kwok, Mengenal Lebih Dalam Ratu Wushu yang Putuskan Mualaf dan Berhijab

Liputan6.com, Jakarta Asian Games 2018 memang sudah berakhir, namun salah satu atlet wushu Lindswell Kwok, kembali menjadi perbincangan publik. Bukan lantaran dirinya menorehkan prestasi di olahraga yang ditekuninya, melainkan perubahan penampilan Lindswell Kwok.

Saat tampil membawa nama Indonesia dalam kejuaraan Wushu di Asian Games 2018 lalu, Lindswell Kwok tak terlihat mengenakan penutup kepala untuk muslimah alias hijab. Namun baru-baru ini tersebar foto dirinya yang sudah berbalut hijab. Dalam akun Instagram @jonimetal milik seorang fotografer untuk Menteri Olahraga, Nahrawi Imam, diunggah foto Lindswell Kwok yang tengah tersenyum.

Lindswell Kwok tampak mengenakan hijab syari berwarna merah muda. Bukan itu saja, ia juga memakai gamis putih motif bunga. Lindswell Kwok diketahui memeluk agama Budha sebelum memutuskan menjadi mualaf. Sementara, Achmad Hulaefi, kekasihnya adalah penganut agama Islam.

Keduanya menjalin asmara selama setahun. Namun sebelum ini, jalinan cinta keduanya tak memastikan keduanya bakal duduk di pelaminan lantaran beda keyakinan. Rupanya, hubungan asmara wanita kelahiran Binjai, Sumatera Utara, 24 September 1991 ini dengan Achmad Hulaefi, terdengar Menteri Pemuda dan Olahraga.

Dalam sebuah video yang tersebar, Imam Nahrawi mendoakan keduanya segera menikah. Kedatangan Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi ke kediaman Imam yang di-posting di akun Instagram-nya itu, lantas menuai banyak reaksi. Penampilan Lindswell Kwok yang memakai hijab itu membuat kaget dan kagum warganet.

2 dari 5 halaman

Sosok Achmad Hulaefi, kekasih Lindswell Kwok

Setelah hubungan Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi itu terendus publik saat Asian Games 2018, keduanya pun lantas malu-malu mengakui bahwa telah resmi berpacaran sejak tahun lalu. Namun, ada satu hal yang disayangkan oleh para penggemar dan warganet kala itu, yakni adanya tembok keyakinan yang tinggi di antara keduanya.

Meski demikian, ada pula yang mendukung serta menyarankan untuk ‘mengalah’ dengan berpindah agama. Mengingat hukum pernikahan di Indonesia hanya memperbolehkan pernikahan satu agama dan keyakinan.

Lindswell Kwok seperti yang diketahui oleh banyak orang, memeluk agama Buddha, sedangkan Achmad adalah seorang muslim. Hal ini membuat beberapa warganet merasa bersimpati dan mendoakan yang terbaik untuk keduanya.

Sama seperti Lindswell Kwok, Achmad Hulaefi juga sosok atlet wushu yang punya banyak prestasi. Di Asian Games 2018, Hulaefi berhasil meraih Perunggu di nomor Daoshu dan Gunshu dengan nilai akhir 19,41.

Selain Asian Games 2018, tahun lalu Hulaefi berhasil meraih Perak di Kejuaran Dunia Wushu Rusia. Dua tahun sebelumnya (2016), Hulaefi meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Wushu. Selain sebagai atlet, kekasih Lindswell Kwok ini juga punya dua profesi lain.

Dalam salah satu unggahan Instagramnya, Hulaefi pernah berfoto dengan memakai seragam pegawai pemerintahan. Tak hanya sebagai seorang pegawai pemerintah, Hulaefi ini juga seorang pengusaha. Kekasih Lindswell Kwok ini memiliki bisnis di dunia fashion dengan merintis sebuah clothing line.

3 dari 5 halaman

Segudang Prestasi Lindswell Kwok

Bicara prestasi wushu Indonesia tidak bisa lepas dari nama Lindswell Kwok. Segudang prestasi sudah ditorehkan atlet kelahiran Binjai, Sumatera Utara, 24 September 1991 itu.

Pada Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Lindswell Kwok merebut dua medali emas. Ia menjadi yang terbaik di nomor Taijiquan dan Taijijian. Jauh sebelum itu, Lindswell Kwok yang baru memutuskan menjadi mualaf sudah mengukir prestasi yang sangat membanggakan. Pada ajang World Wushu Championships di Ontario, Kanada, 2009 lalu, ia meraih medali emas di nomor taijiquan.

Ketika itu, Lindswell Kwok mengungguli Ai Miyoka dari Jepang yang meraih medali perak dan Wen Chingni asal Taiwan dengan medali perunggu. Tak hanya sekali, Lindswell Kwok mengulangi prestasi meraih medali emas pada 2013, 2015, dan 2017.

Tak hanya di level senior, saat masih junior, sejumlah prestasi juga diukir Lindswell Kwok. Ia pernah meraih medali emas dalam Kejuaraan Dunia Wushu Junior pada 2008. Dua tahun sebelumnya di ajang yang sama, Lindswell Kwok hanya meraih medali perunggu.

Total, 18 medali emas diraih Lindswell Kwok. Ia kemudian memutuskan pensiun usai Asian Games 2018 dan berencana melatih atlet-atlet wushu muda.

4 dari 5 halaman

Prestasi Raihan Medali Emas

Berikut raihan medali emas oleh Lindswell Kwok seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (4/12/2018).

1. Lindswell Kwok meraih emas di World Wushu Championships di Kanada 2009, Malaysia 2013, Indonesia 2015, Polandia 2016 dan Rusia 2017.

2. Lindswell Kwok meraih emas di World Games di Kolombia 2013.

3. Lindswell Kwok meraih emas di Asean Uni Games di Indonesia 2014.

4. Lindswell Kwok meraih emas di World Accord Combat Games di Cina 2010 dan Rusia 2013.

5. Lindswell Kwok meraih emas di SEA Games di Indonesia 2011, Myanmar 2013, Singapura 2015 dan Malaysia 2017.

6. Lindswell Kwok meraih emas di Asean Junior di Macau 2009.

7. Lindswell Kwok meraih emas di Islamic Solidarity Games di Indonesia 2013 dengan 2 medali emas.

8. Lindswell Kwok meraih emas di Kejurnas di Makassar 2009 dan PON Jabar 2016.

9. Lindswell Kwok meraih emas di Asian Games 2018 Indonesia.

5 dari 5 halaman

Lindswell Kwok, Ratu Wushu Berhijab Penyuka Wisata Kuliner

Semua orang sudah tahu beragam prestasi yang diraih oleh Lindswell Kwok. Namun, rupanya masih banyak yang belum tahu jika Lindswell Kwok sangat suka berwisata kuliner. Lindswell Kwok senang mencicipi beragam makanan, baik khas nusantara, maupun dari negeri tetangga.

Tak jarang melalui akun Instagram miliknya, Lindswell Kwok lebih sering mengunggah foto makanan dibanding wajahnya yang cantik. Bukan hanya itu, dii tengah kesibukannya berlatih wushu, Lindswell Kwok juga kerap menyempatkan waktu untuk travelling. Tempat-tempat indah seperti Pantai Tikus, Hutan Pinus Mangunan, hingga Rusia pernah dikunjunginya.

Loading