Sukses

Budi Anduk Tak Ingin Orang Tahu Ia Terserang Kanker Paru

Sebelum meninggal, Budi Anduk berpesan kepada keluarga dan sahabat dekat untuk tak memberi tahu penyakitnya kepada yang lain.

Liputan6.com, Jakarta Budi Anduk sepertinya ingin menutup rapat-rapat penyakit yang dideritanya. Ia tak mau orang-orang terdekatnya tahu kalau dirinya menderita kanker paru-paru. 

"Untuk awal kami tidak membuka karena dipesankan almarhum Budi Anduk untuk tidak beri tahu yang lain, hanya cukup kami yang tahu. Pesan almarhum, membicarakannya jangan sampai ramai, walupun hasilnya sudah begini," ujar manajer Budi Anduk, Wawan ditemui di rumah duka di kawasan Jatiwaringin, Bekasi, Senin (11/1/2016).

Istri Budi Anduk, Neneng Nurhayati terlihat lunglai saat mengantarkan jenazah suaminya untuk disalatkan, Bekasi, Senin (11/1/2016). Budi Anduk menghembuskan nafas terakhir pada usia 47 tahun di RS Dharmais, Jakarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wawan menjelaskan, bahwa paru-paru Budi bermasalah sudah sejak lama. Namun Budi tetap bertahan hidup dengan penyakitnya itu. Sampai suatu ketika akhirnya bintang komedi Tawa Sutra itu tak kuasa menahan sakit yang dideritanya dan dilarikan ke rumah sakit saat Idul Fitri 2015.

"Budi menderita ini sudah lama, dari masih di Tawa Sutra. Tapi dia berjuang hidup sampai Lebaran tahun kemarin. Pas Lebaran sempat dirawat di rumah sakit di Cirebon selama 2 minggu. Kondisinya divonis sama dokter ada tumor di paru-parunya itu udah stadium 1," ungkap Wawan.

Suasana pemakaman Budi Anduk di TPU Kemang, Jati Cempaka, Bekasi, Senin (11/1/2016). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebagai sahabat sekaligus manajer, Wawan ikut merasakan duka yang mendalam atas kepergian Budi untuk selama-lamanya. Apalagi di mata Wawan, Budi adalah sosok pria yang baik.

"Kami merasa sangat kehilangan sosok seorang Budi yang baik, polos, dan nggak neko-neko," kata Wawan. (Pur/Fei)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.