Sukses

KALEIDOSKOP 2015: 6 Album K-Pop Terpopuler

Liputan6.com, Jakarta Di ujung tahun 2015, dunia hiburan K-Pop telah diwarnai dengan kemeriahan karya yang dirilis artis asal negeri ginseng. Sepanjang tahun ini, idola hallyu berlomba-lomba menarik perhatian penggemar dengan karya yang dipasarkan.

Beberapa dari mereka ada yang mendapatkan sambutan sangat hangat hingga menorehkan prestasi di dunia hiburan. Eksistensi idola hallyu juga terlihat dengan karya yang mereka rilis. Keberhasilan menempati posisi teratas atau masuk ke deretan tangga lagu ternama dianggap sebagai patokan. Sebuah poin tambahan jika karya mereka mendapatkan pujian dari media ternama yang menjadi acuan bagi dunia musik, Billboard.

Liputan6.com merangkum artis dengan karya terpopuler sepanjang 2015. Siapa sajakah mereka?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

[M] [A] [D] [E]

[M] [A] [D] [E]

MADE Series yang cukup unik, mewakili setiap huruf saat perilisannya. Proyek musik ini dianggap memanjakan penggemar dengan dua lagunya yang dirilis setiap bulan. Karya pertama Big Bang rilis Mei 2015, untuk huruf [M] dengan lagu Loser dan Bae Bae.

Selanjutnya, proyek [A] dengan karya We Like 2 Party dan Bang Bang Bang yang diluncurkan Juni 2015. Proyek [D] yang rilis di Juli 2015 dengan Sober dan If You pada Juli 2015. Big Bang pun kembali dengan [E], lewat dua judul lagu Let’s Not Fall In Love dan Zutter, 5 Agustus 2015.

 Kemenangan Besar Big Bang Sabet 4 Predikat di MAMA 2015 [foto: instagram/seungriseyo]

Menurut laporan, penjualan proyek musik Big Bang 2015 ini terjual total 3.176.795 keping. Pada Agustus 2015, proyek [M] berhasil terjual 426.560 keping. Sementara, [A] series berhasil terjual 758.467. Untuk karya [D] melambung jauh lebih tinggi yaitu 1.123.248 keping, serta [E] 878.556 keping.

Big Bang selalu mendapatkan sambutan hangat dari penggemarnya yang disebut VIP. Selama beberapa waktu, juara pertama pun berhasil diraih Big Bang dengan proyek musiknya, mulai dari M!Countdown, Naver, MelON, hingga iTunes. Bahkan, album series [E] berhasil berada di posisi tertatas Billboard dalam World Digital Songs chart.

3 dari 7 halaman

Exoduse

 Exoduse

EXO berhasil menunjukkan diri sebagai boyband yang handal meski badai menyerang. Tahun 2015 mungkin dianggap sebagai momen yang berat karena EXO kehilangan tiga personelnya, Kris, Luhan dan Tao. EXO menelurkan album Exodus dengan formasi barunya, hanya tersisa sembilan personel.

Sudah diramalkan, album Exodus dipasarkan 30 Maret 2015 di Tiongkok dan Korea Selatan mendapatkan sambutan hangat dari penggemar. Hanya dalam waktu 24 jam, Exodus terjual 500 ribu keping.

EXO saat beraksi membawakan lagu terbarunya, Call Me Baby (foto: Stardaily)

 

Selain itu, EXO juga melepaskan Call Me Baby di tahun yang sama. EXO berhasil meraih 18 piala dari acara musik ternama di korea Selatan dengan single tersebut. Bahkan, Exodus juga berhasil memecahkan rekor dengan berada di posisi tertasa di tangga lagu ternama selama empar minggu berturut-turut.

Secara total, EXO dengan karya terbaru EXODUS beserta edisi tambahan Love Me Right berhasil terjual 1,2 juta keping. Rupanya tak hanya single Love Me Right saja, dua lagu baru milik EXO yaitu EXO, 2014, dan Tender Love juga ada di deretan 10 besar di Korea dan Tiongkok. Hal itu menunjukkan popularitas EXO yang masih belum tergoyahkan.

4 dari 7 halaman

Lion Heart

Lion Heart

Bagi Girls Generation, 2015 merupakan hari baru bagi girlband asuhan SM Entertainment itu setelah kehilangan salah seorang personelnya, Jeesica yang hengkang 2014 silam. Sebagai hadiah untuk penggemarnya yang disebut SONE, Girls Generation merilis serangkaian karya barunya setiap bulan.

Party yang dirilis 7 Juli 2015 langsung merajai deretan tangga lagu ternama di negeri ginseng, termasuk MelOn dan MNet, belum lama dirilis. Kesuksesan Girls Generation dengan Party juga tercatat di beberapa negara lainnya. Party menempati posisi teratas iTunes di tujuh negara, termasuk Hongkong dan Malaysia. Bahkan, Party berhasil tembus, menempati posisi keempat di Billboard dalam World Digital Songs.

Girls Generation

Girls Generation menelurkan Lion Heart, 12 Agustus 2015 merupakan album kelima. Lion Heart terdiri dari enam lagu, termasuk single berjudul serupa, Lion Heart dan You Think. Secara total, Girls Generation berhasil mengumpulkan 20 piala berkat lagu Party dan Lion Heart

Selain itu, Lion Heart menempati juara pertama dalam Billboard di World Album Chart. Ini untuk kedua kalinya Girls Generation berhasil menempati posisi membanggakan itu. Sebelumnya, album I Got a Boy yang rilis 2013 silam juga ada di tempat yang sama.

 

5 dari 7 halaman

Welcome Back

Welcome Back

iKON merilis album debutnya Welcome Back, 2 November 2015. Boyband pendatang baru asuhan YG Entertainment itu memang menjadi sorotan sejak kemunculannya tahun ini. Personel iKON yang disatukan dalam acara pencarian bakat Mix & Match memang dianggap tak asing lagi di dunia hiburan.

iKON (YG Entertainment)

iKON bahkan mendapatkan sebutan sebagai monster rookie karena keberhasilannya meroket di dunia hiburan dengan karya yang dirilisnya. Sebelum menelurkan Welcome Back, iKON melepaskan lagu `pemanasan`, My Type berhasil merajai deretan tangga lagu ternama di Korea Selatan.

My Type berhasil merajai deretan tangga lagu ternama di Korea Selatan tak lama setelah dirilis, mulai dari MelOn, MNet, Genie, Naver Music dan Soribada. Bahkan, lagu milik iKON itu berada di posisi teratas penjualan secara resmi iTunes di Hong Kong, Laos, Macao, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Bahkan, lagu milik iKON itu mulai menanjak di deretan tangga lagu ternama internasional Billboard, World Digital Songs.

6 dari 7 halaman

Bangtan Boys 

Bangtan Boys

Bangtan Boys yang debut 2013 silam, ternyata mendapatkan angka yang cukup baik sebagai boyband pendatang baru yang bukan diasuh tiga manajemen besar Korea Selatan. Bangtan Boys masuk dalam daftar album terbaik sepanjang masa oleh Hanteo Chart dengan meraih 209,7.

Bangtan Boys

Karya baru Bangtan Boys bertajuk The Most Beautiful Moment in Life Pt. 2 dirilis 30 November 2015, juga mendapatkan sambutan hangat dari penggamar. Buktinya, album baru itu laris manis terjual di pasaran, 80 ribu keping di minggu pertama perilisannya.

Berdasarkan laporan dari tangga lagu ternama K-Pop Hanteo, Bangtan Boys menjual 78.498 mini-albumnya, kemungkinan besar angka tersebut terus menanjak naik seiring berjalannya waktu. Bangtan Boys pun masuk dalam deretan teratas artis K-Pop dengan penjualan album terbanyak.

Selain itu, album baru Bangtan Boys The Most Beautiful Moment in Life Pt. 2 mencetak rekor dengan berada di posisi keenam dalam BILLBOARD Heatseekers Albums Chart. Sementara, The Most Beautiful Moment in Life Pt. 1 berhasil berada di posisi kedua Billboard World Chart Album.

 

7 dari 7 halaman

GOT7

GOT7

GOT7 baru saja merilis karya terbarunya, berupa album Mad, 29 September 2015. Menurut personel GOT7, JB, Mark, Jackson, Junior, Youngjae, BamBam dan Yugyeom, album barunya merupakan hasil kerja keras yang dibuat mereka dengan waktu yang terbatas.

Kerja keras GOT7 ternyata membuahkan hasil. Penggemar menikmati karya dari Mad hingga mengantarkan GOT7 meroket di deretan tangga lagu ternama dunia Billboard. Bahkan, GOT7 berhasil menyingkirkan boyband pendatang baru yang disebut Monster Rookie yang diasuh YG Entertainment, iKON.

GOT7 [foto: kpop-map]

GOT7 dengan Mad juga berhasil laris manis dalam penjualan secara online oleh iTunes. Akibatnya, karya baru GOT7 itu tercatat menempati posisi teratas iTunes di beberapa negara di Asia lainnya, termasuk Hong Kong, Malaysia, Indonesia, Philippines, Singapore, dan Thailand.

Hal mengejutkan juga terjadi pada salah satu karya GOT7 bertajuk Laugh laugh Laugh langsung menempati posisi teratas di tangga lagu ternama Jepang Oricon. Publik tak menyangka kesuksesan yang diraih GOT7 di Jepang. Padahal, GOT7 jarang melakukan promosi di negeri sakura.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS