Sukses

Penyakit Infeksi Paru-paru Renggut 4 Artis Ini

Liputan6.com, Jakarta Penyakit apapun dialami dalam waktu lama memang tak bisa diremehkan. Bahkan, bisa saja penyakit itu menimbulkan kematian. Radang atau infeksi paru-paru contohnya.

Beberapa artis diketahui menderita penyakit paru-paru dalam kurun waktu yang lama. Sampai akhirnya mereka tak bisa bertahan dan meninggal dunia. Yang terbaru adalah artis Misye Arsita.

Artis-artis yang menderita radang atau infeksi paru-paru ini memang diketahui menjalani pola hidup yang berbeda dengan kebanyakan orang sehat. Merokok adalah salah satunya.

Lalu, siapakah artis-artis yang meninggal karena infeksi paru-paru? Berikut daftarnya.

 

2 dari 5 halaman

Drs Suyadi (Pak Raden)

Seniman Drs Suyadi atau lebih dikenal dengan Pak Raden meninggal di usia 82 tahun pada Jumat (30/10/2015). Pencipta karakter boneka Si Unyil itu meninggal dunia karena menderita infeksi paru-paru.

"Saya sempat liat Pak Gu (Pak Raden) ngos-ngosan. Saya kira terlalu gemuk, ternyata beliau infeksi paru paru," kata peragawati Ratih Sanggarwati yang juga merupakan keponakan Pak Raden.

Pak Raden diakui Ratih tidak pernah mengeluh atau memperlihatkan dirinya sedang sakit. Beliau selalu menunjukkan terlihat sehat.

"Beliau bilang 'saya sehat meskipun gemuk saya sehat.' Beliau ingin selalu kelihatan sehat di depan kami keluarganya," tutupnya.


3 dari 5 halaman

Chrisye

Legenda musik Indonesia, Chrisye meninggal dunia setelah menderita penyakit kanker paru-paru yang telah dua tahun diidapnya. Chrisye meninggal pada 30 Maret 2007. Salah satu penyebab Chrisye mengidap kanker paru karena ia sangat kuat merokok.

Kalangan dan pecinta musik Indonesia tentu merasakan kehilangan sang legenda yang bersuara lembut ini sebagai sosok yang sangat profesional di bidang musik dan sangat menghargai semua orang yang berada di sekitarnya.

"Saya kehilangan seorang teman, guru, saudara yang sangat baik terhadap semua orang. Dunia musik Indonesia kehilangan seorang legenda yang sangat profesional, yang sangat menghargai jerih payah semua orang yang dekat dengannya," kata manager pribadi Chrisye saat itu, Emil.

Chrisye, anak 2 dari 3 bersaudara laki-laki itu, menikah dengan G.F Damayanti Noor pada tahun 1982 dan mempunyai keturunan Rizkia Nurannisa (Anissa) lahir tahun 1983, Risti Nurraisa (Risty) lahir tahun 1986 dan anak lelaki kembar Rainda Prashatya (Pasha) & Randa Pramasya (Masha) yang lahir tahun 1989.


4 dari 5 halaman

Idris Sardi

Musisi Idris Sardi meninggal dunia pada Senin (28/4/2014). Maestro biola itu meninggal di usia 75 tahun karena sakit paru-paru.

"Idris Sardi masuk sejak hari Sabtu di ruang perawatan dengan kendala problem paru. Tapi tidak tahu penyebab penyakit pastinya," Yudhi Hertanto, Humas RS Melia Cibubur.

Yudhi menuturkan, ayah Lukman Sardi itu meninggal dunia pada pukul 07.25 WIB.

"Dinyatakan gagal pernapasan pada jam 07.25 WIB. Problemnya paru-paru, penyakit yang sudah lama diderita almarhum," ujar dia.

Dengan kondisi itu, pria yang dikenal sebagai komponis dan ilustrator musik bertangan dingin itu menghembuskan napas terakhirnya.


5 dari 5 halaman

Misye Arsita

Artis senior Misye Arsita mengembuskan napas terakhir setelah berjuang melawan infeksi paru-paru yang ia derita sejak lama.

"Iya. Memang benar (meninggal). Ini saya lagi perjalanan mau ke bandara," kata suami Misye, Agus Leo, Kamis (5/11/2015) pagi.

Dalam kondisi penuh kesedihan itu, tak banyak informasi yang bisa diurai Agus. Ia hanya menyebut, pemakaman akan dilakukan di kampung halaman Misye di Kediri, Jawa Timur. Mengenai detail teknis dan waktu pemakaman, Agus belum bisa memberi tahu.

"Dimakamkannya paling di dekat rumah ibunya Misye. Selebihnya nanti dikabarin ya. Saya masih ngurus ke sana," jelas Agus.

Misye meninggal di usia 51 tahun. Semasa hidup, ia memiliki tiga anak dari dua kali menikah. Wanita yang lahir dengan nama Misnarti ini memulai karier lewat grup lawak Srimulat. Masyarakat era 1990-an mengenal Misye dalam serial Jin dan Jun