Sukses

25 Sinetron SCTV Paling Fenomenal (Bag. 3)

Liputan6.com, Jakarta Tepat 24 Agustus 2015 SCTV berulang tahun ke-25. Dua puluh lima tahun bukan perjalanan yang pendek. Sudah begitu banyak program acara yang lahir sepanjang dua dekade lebih eksistensi SCTV di jagat pertelevisian Tanah Air. Tak terkecuali di jenis program sinetron.

SCTV tentu saja bukan stasiun TV pertama yang menayangkan sinetron. TVRI yang memulai duluan sebagai stasiun TV pertama di tanah air. TVRI pernah menayangkan berbagai sinetron fenomenal macam Rumah Masa Depan, Aku Cinta Indonesia, Keluarga Rahmat, Pondokan, Losmen, Jendela Rumah Kita, dll.

Sejak kemunculan TV swasta di awal 1990-an tayangan sinetron pun merambah ke berbagai TV swasta yang lahir di era ini--termasuk SCTV.

Memperingati hari kelahiran SCTV yang ke-25, Liputan6.com menengok lagi sinetron apa saja yang hadir di SCTV dan jadi fenomena.

Tentu saja tidak mudah memilih 25 judul dari perjalanan 25 tahun sebuah stasiun TV. Ada begitu banyak judul yang kami pertimbangkan hingga akhirnya kami memilih 25.

Dasar pilihan kami sederhana saja, apakah sinetron dimaksud membuat fenomena ketika tayang dan apa terus dikenang hingga kini.

Daftar 25 sinetron SCTV paling fenomenal ini kami bagi dalam lima tulisan yang kami unggah lima hari ke depan. Urutan berdasar tahun tayang.

Ini bagian ketiga dari lima tulisan. Selamat menyimak!

(Tulisan pengantar: Ade Irwansyah)

2 dari 6 halaman

Di Sini Ada Setan

Di Sini Ada Setan diproduksi Lenza Films, tayang 13 Oktober 2003 - 21 Maret 2005.

Episode pertamanya yang sangat seram bisa membuat Di Sini Ada Setan tak akan ada jika ditayangkan sekarang. Dulu LSF tak seketat kini. Disini Ada Setan sejatinya hadir sebagai epigon Box Office-nya film Jelangkung.

Bercerita tentang Sashi (Lia Ananta), murid SMA yang memiliki indra ke-enam. Bersama 4 sahabatnya, Anya (Nagita Slavina), Siska (Diva Nadia), Choky (Thomas Nawilis) dan Doni (Tata Riyadi), Sashi bertualang mendokumentasikan hal-hal gaib yang terjadi di sekitar mereka, terutama di sekolah dengan handycam. Petualangan, ketegangan, keseruan dan kelucuan mewarnai setiap episode Di Sini Ada Setan.

Di Sini Ada Setan bertabur bintang remaja yang kini karirnya makin bersinar seperti Dude Herlino, Arifin Putra, Rionaldo Stockhorst, dan masih banyak lagi. Juga melejitkan pamor band Utopia yang mengisi soundtrack dengan lagu Antara Ada dan Tiada yang melegenda hingga kini. (Puj)

3 dari 6 halaman

Mimpi Manis

Mimpi Manis diproduksi MD Entertainment, tayang 21 Januari 2006 - 13 Juni 2007.

Mengisahkan Lilis (Dewi Perssik) yang akan dinikahkan paksa dengan Juragan Wira oleh paman dan bibinya sendiri. Lilis lalu kabur, bertemu Aldi (Iqbal Pakula), produser musik yang memang sudah tertarik mengorbitkan Lilis. Aldi tak hanya tertarik pada vokal Lilis tapi juga pada hatinya. Namun, ibu Aldi menentang hubungan keduanya.

Lilis merana di Jakarta lalu bertemu seorang pria lusuh (Pierre Roland) yang ternyata seorang produser musik saingan Aldi yang menyamar. Dari sini kisahnya jadi makin seru.

Mimpi Manis adalah debut akting Dewi Perssik yang cemerlang. Aktingnya tak ecek-ecek untuk ukuran pemula. Mimpi Manis makin nendang dengan kemunculan Pierre Roland yang lama vakum dari dunia akting. Prestasi besar yang diraih Mimpi Manis adalah berhasil memenangkan gelar Program Paling Ngetop di SCTV Awards 2006.

4 dari 6 halaman

Juragan Jengkol

Juragan Jengkol diproduksi Frame Ritz, tayang 16 Maret - 7 Desember 2006.

Arifah alias Ifah (Laudya Chintya Bella), cewek kampung yang punya keunikan aneh untuk seorang perempuan. Ia suka buang angin. Itu semua karena dulu saat hamil, sang ibu (Cut Keke) hobi makan jengkol. Ayah Ifah memang juragan jengkol. Ifah punya Jalu, ayam kesayangannya yang selalu ia bawa kemana-mana.

Seperti remaja umumnya, Ifah fans berat pada bintang film yang sedang jadi idola remaja, Jerry Saputra (Raffi Ahmad). Jerry sudah punya pacar, Tamara, tapi ayahnya tak suka. Pak Baskoro malah menyukai Ifah, karena memiliki hobi yang sama dengannya soal ayam. Ifah yang bertekad ingin menjadi pacar Jerry didukung ayah Jerry tersebut.

Kisah Juragan Jengkol versi sinetron adalah kelanjutan dari FTV-nya yang meledak pada tahun 2005. Dulu peran Jerry dimainkan dengan cemerlang oleh Ramon Y. Tungka. Raffi Ahmada yang menggantikannya di sinetron, bermain tak kalah apilk. Terbukti, duet Raffi - Bella ini berhasil menyabet gelar Aktor dan Aktris Paling Ngetop di SCTV Awards 2006. (Puj)

5 dari 6 halaman

Benci Bilang Cinta

Benci Bilang Cinta diproduksi SinemArt, tayang 12 Juli 2006 - 13 Juni 2007.

Winda (Marshanda), gadis dari kalangan biasa yang hidupnya asyik-asyik saja. Ia mahasiswi jurusan seni. Di kampus ada satu mahasiswa super kaya pewaris Bagio Grup, perusahaan nomer 1 di Indonesia. Namanya Dimas (Baim Wong). Winda dan Dimas telah dijodohkan oleh kedua kakek mereka bahkan sejak sebelum keduanya lahir.

Padahal, Dimas sudah menambatkan hatinya pada Claudia (Kirana Larasati), seorang violin yang ambisius. Pernikahan yang terpaksa dilakukan membuat Winda menderita. Datang Aditya (Rio Reifan), putra Anyelir (Ria Probo) yang baik hati. Aditya sebenarnya adalah pewaris utama. Ia dan ibunya terusir dan baru kembali setelah 10 tahun pergi keluar negeri, untuk balas dendam pada keluarga Dimas.

Benci Bilang Cinta adalah duet brilian yang dihadirkan Marshanda dan Baim Wong. Baim Wong yang kala itu sedang ngehits berat tiba-tiba dipasangkan dengan Marshanda, mantan artis cilik yang baru menginjak usia 17 tahun. Skenario yang fresh (belakangan kita tahu ternyata menjiplak drama Korea Princess Hours) plus chemistry yang dahsyat dari keduanya membuat sinetron ini rasanya layak masuk daftar sinetron paling kita kenang dari SCTV. (Puj)

6 dari 6 halaman

Heart Series

Heart Series diproduksi Starvision Plus, tayang 23 Januari 2007 - 17 Juli 2007.

Rachel (Yuki Kato) dan Farel (Irshadi Bagas) bersahabat sejak Rachel jadi murid baru di sekolah. Dua bocah berusia 10 tahun ini bahu-membahu saling membantu memberi pelajaran pada murid tukang bully yang diketuai Bobby (Kevin Julio).

Kehadiran Luna (Ranty Maria) menggoyahkan persahabatan mereka kemudian. Luna, bocah penyakitan dan penyendiri, mendapat perhatian Farel sejak pertama bertemu. Rachel cemburu. Ia baru sadar, menyukai Farel lebih dari teman.

Ini versi sinetron dari film laris Heart. Memperkenalkan si Japanese Little Girl berkuncir kuda dengan lirikan matanya yang punya ciri khas alis sebelah naik bernama Yuki Kato.

Menggantikan artis cilik berbakat Rachel Amanda yang di versi filmnya bermain begitu cemerlang bersama Irshadi Bagas (ikut main juga di seriesnya), Yuki justru tak canggung. Sayangnya Heart Series terlalu lama "main aman". Terlalu bertele-tele di kisah masa kecilnya, membuat cerita remajanya jadi garing. Alhasil, trio pemeran karakter remajanya: Sheza Idris - Hafidz Faturrohman - Juwita Septriasa, tak ketiban sukses melanjutkan kisah versi remajanya.  (Puj)